IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Mudik ke Temanggung? Ada Empat Gunung Berapi yang Keren

Mudik ke Temanggung? Ada Empat Gunung Berapi yang Keren

Written By Indopetro portal on Thursday, 30 June 2016 | 10:46

petroWisata.indoPetroNews.com– Posisi Temanggung itu ada di sebelah utara Magelang, jauh sebelum Ambarawa. Posisinya di atas ketinggian dan bisa menyaksikan 4 gunung sekaligus di kota penghasil tembako paling terkenal “Srinthil” yang hanya satu-satunya di dunia itu. Di pagi yang cerah, dari kota kecil ini, bisa menyaksikan dengan jelas Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. “Kotanya sejuk, tenang, airnya melimpah dan suasananya sangat mendukung untuk menjadi destinasi alam,” ungkap Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Saat Mudik Lebaran, banyak orang dari luar kota Temanggung yang berwisata ke sana. ” Traveller atau pemudik wajib mendatangi tempat ini. Daerah ini punya tempat wisata alam hingga sejarah yang pantas di telusuri. Coba saja sambil mudik dan libur lebaran. Mungkin bukan pendaki, tetapi lebih untuk melihat alam yang indah dengan lekuk-lekuk gunung berapi yang khas,” kata dia.

Silakan berwisata ke Temanggung. Nikmati #PesonaLebaranTemanggung #PesonaLebaran #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia di Temanggung yang keren. Berikut ini 10 top destinasi di Temanggung yang sudah terkenal di mana-mana.

1. Wisata Alam Jumprit Temanggung
Tempat wisata alam di temanggung yang pertama yaitu wisata alam jumprit yang sekaligus juga menjadi tempat wisata sejarah. Lokasi  atau alamat wisata jumprit berada di Kec. Ngadirejo. Apabila anda berkunjung ke tempat ini maka anda akan disguhkan dengan pemandanagn pepohana yang rimbun dan juga terdapat mata air suci. Air dari mata air tersebut biasa digunakan untuk upacar adat waisak yang dibawa dari candi borobudur ke candi mendhut yang ada di Magelang.
Selain itu di tempat ini juga banyak terdapat kera yang berkeliaran. Dan bagi anda yang membawa barang bawaan seperti tas dan yang lainya harap selalu menjaga barang anda karena kera di tempat ini kadang jahil dengan mengambil barang milik wisatawan.

2. Monumen Meteoroit di Temanggung
Tidak hanya solo yang mempunyai monumen yang beragam, kabupaten temanggung juga ternyata memiliki monumen yang jarang di miliki oleh kabupaten yang ada di indonesia lainya. Yiatu monumen Meteoroit yang berada Ds Wonotirto Kec Bulu Temanggung. Menurut cerita yang ada, pada jaman dahulu tempat tersbut merupkan tempat jatuhnya sebuah meteor dan dibangunlah sebuah monumen di tempat tersebut oleh pemerintah lokal. Monumen Meteoroit merupkan salah satu obyek wisata sejarah yang ada di temanggung.

3. Curug Lawe ” Pesona Wisata Air Terjun Di Temanggung
Siapa sangka Temanaggung juga mempunyai air terjun yang tak kalah indahnya dengan Curug Cigamea Bogor. Lokasi Curug Lawu sendiri berada di Desa Muncar Kec Gemawang. Lokasi georafisnya yang bearada di kaki gunung ungaran membuat suhu udara di air terjun tersebut menjadi sangat sejuk apalagi ditambah dengan rimbunya pohon ala hutan tropis yang timbuh di sekitaran air terjun.
Dinamakan Lawe pun bukan tanpa alasan, karena air yang turun dari atas begitu jernih dan teampak seperti benang putih maka oleh masayarakat sekitar di berilah nama curug lawe. Lawe merupakan bahasa Jawa yang mempunyai arti benang dalam bahasa indonesia.

4. Pikatan Water Park Temanggung
Setelah kita mengatahui Curug Lawe yang menyuguhkan pesona alam yang begitu indah, kini kita lanjutnkan dengan wisata air buatan yang ada di temanggung. Yaitu Pikatan water park yang merupakan wisata air buatan yang menjadi wisata andalan kabupaten temanggung. Tempat wisata ini cocok bagi semua kalangan umur, di wisata ini menyuguhkan wahan wisata air mulai dari kolam bermain untuk anak anak hingga orang dewasa.

5. Taman Kartini Temanggung
Seperti halnya Surabaya yang memiliki banyak taman yang indah, Temanggung juga tak mau kalah dengan Surabaya. Temanggung juga memilik taman yang indah yang bernama Taman Kartini di Koangan. Lokasi taman ini pun sangat strategis karena letaknya yang berada di pusat kota Temanggung.
Taman ini cocok bagi anda yang ingin beristirahat setelah anda telah mengunjungi beberapa tempat wisata di temanggung yang keren . Di tempat ini juga terdapat ruang dan wahana bermain untuk anak anak. Banyak juga kaula muda yang bersantai di tempat ini untuk sekedar refresh pikiran ataupun yang lainya.

6. Wisata Alam Posong Temanggung
Temanggung juga wisata alam mirip Kopeng, Salatiga yang mempunyai pemandangan pegunungan yang eksotik. Tepatnya Posong Temanggung, tempat ini berada di tengah dua Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Wisata alam posong ini menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang begitu indah, apabila anda berkunjung ketempat tersebut anda dapat menikmati hamparan kebun tembakau yang indah. Dan jika sore hari, sunset dari tempat tersebut terlihat begitu sempurna.
Di tempat ini juga di sediakan gazebo untuk anda beristirahat sambil menimati kesejukan udara ala pegunungan. Tempat ini berada di daerah berbatasan antara Wonosobo dan Temanggung.

7. Pesona Candi Gedong Songo
Apabila Yogyakarta mempunyai candi Prambanan, Temanggung juga mempunyai candi gedong songo bernuansa alam terbuka. Tempat ini menyuguhkan perpaduan antara wisata sejarah sekaligus wisata alam yang begitu indah.
Tempat ini sangat cocok bagi anda keluarga yang ingin mencari tempat wisata yang murah dan juga tidak mengecewakan. Banyak juga segerombolan anak muda yang ramai mengunjungi candi gedong songo. Di tempat ini anda bisa merasakan sensai alam khas pegunungan. Tempat ini berlokasi di daerah perbatasan antara Semarang dan Temanggung.

8. Padang Sabana Kledung Pas Temanggung
Tempat wisata alam temanggung selanjutnya yaitu kledung pas, tempat hampir sama dengan wisata alam posong. Yaitu berada di tengah tengah antara gunug sindoro dan gunung sumbing. Bila anda berkunjung ke tempat ini maka anda akan di suguhkan dengan pemandangan sabana yang luas yang di manfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai lahan perkebunan mulai dari kentang, wortel hingga tembakau.
Di Saban Kledung ini juga banyak terdapat rest area dan juga hotel, tidak sedikit bus pariwisata yang transit di area sabana kledung ini karena kebetulan kledung merupakan jalur utama penghubung natar temanggung dan Wonosobo.

9. Danau Buatan Embung Kledung Temanggung
Wisata selanjutnya masih seputaran Kledung. Yaitu embung kledung, embung kledung merupakan danau buatan yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air guna kepentingan pengairan perkebunan yang ada di kledung dan sekitarnya.
Tidak hanya berfungsi sebagai pengairan saja, kini embung kledung juga bisa di gunakan sebagai tempat wisata. lokasinya berada di kaki Gunung Sindoro. selain menyuguhkan pemadangan danau buatan, di tempat ini juga menyuguhkan view Gunung Sindoro yang cantik.

10. Candi Pringapus Temanggung
Setelah membahas tentang indahnya wisata alam temanggung jawa tengah, kini saatnya membahas wisata sejarah yang ada di temanggung. Yaitu candi Pringapus, candi ini merupakan peninggalan candi hindu, Untuk reliefnya pun hampir sama denga candi dieng yang ada di Banjarnegara.(*)






Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login