IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pengamat: Dirut Pertamina Harus Undang BPK untuk Audit Fungsi ISC

Pengamat: Dirut Pertamina Harus Undang BPK untuk Audit Fungsi ISC

Written By Indopetro portal on Wednesday, 1 June 2016 | 17:49

indoPetroNews.com-Direksi Pertamina diminta membuka pintu bagi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit forensik secara berkala terhadap seluruh person penting di Integrated Supply Chain (ISC). Pasalnya, ISC diduga tidak transparan dalam melakukan proses tendernya.

"Faktanya memang demikian dan bahwa rekanan pemasok yang ikut tender saja tidak mengetahui siapa pemenangnya dalam setiap tender dan berapa harga penawaran perusahaaan pemenangnya," kata Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman kepada indoPetroNews.com Rabu (1/6/2016) di Jakarta. Padahal informasi ini sangat penting bagi peserta tender yang kalah sebagai evaluasi diri.

Dan yang lebih penting, imbuh Yusri, untuk menghindari terjangkitnya lagi praktek kongkalikong. "Jangan sampai publik mengklaim kebijakan Dirut bak istilah 'keluar dari mulut harimau, malah masuk kemulut buaya'. Karena harus dipahami juga bahwa angka import minyak mentah dan produk BBM pada 2015 mencapai 280 juta barel dengan nilai transaksi pembelian USD 27, 41 miliar atau setara Rp 356,3 triliun," paparnya.

Yusri juga berharap Dirut Pertamina mempunyai keberanian menantang BPK untuk melakukan audit forensik selama proses tender pada kurun 2015 dan 2016. "Bila ini dilakukan, baru bisa dikatakan bahwa Pertamina berhasil menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang benar (GCG) 100%.

Publik sangat sensitif dengan isu dugaan penyimpangan di ISC, karena setiap ketidakefisienan proses tata kelola dari hulu ke hilir akan berkontribusi ke harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan dibayar oleh rakyat apakah mahal atau murah," tegas Yusri, sembari meminta agar Dirut harus berani juga melakukan audit forensik pada fungsi ISC. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login