IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Posisi Indonesia di OPEC Sejatinya Dioptimalkan

Posisi Indonesia di OPEC Sejatinya Dioptimalkan

Written By Indopetro portal on Monday, 6 June 2016 | 16:12

indoPetroNews.com - Indonesia harus mengambil kesempatan dalam menghadapi fluktuatif harga minyak dunia saat menjadi anggota OPEC.

"Salah satu manfaat dari bergabungnya kembali Indonesia ke OPEC ialah direct deal dengan negara-negara produsen minyak," kata Menteri ESDM Sudirman Said, di Jakarta.

Wujud dari direct deal tersebut, lanjut Sudirman, salah satunya adalah berbagai bentuk kerja sama yang sedang gencar dirintis bersama Iran, seperti kontrak jual beli LPG yang sudah ditandatangani antara Pertamina dengan National Iranian Oil Company (NIOC).

Berbagai kerjasama ini, kata Sudirman, sekaligus
membuktikan bahwaa menjalin kerjasama dengan negara-negara Timur Tengah bukan hal yang sulit. "Kini tak kurang dari 15 peluang kerjasama investasi dan ekonomi telah teridentifikasi dan sedang terus diupayakan realisasinya," kata Sudirman.

Peneliti energi dari INDEF, Berly Martawardaya mengungkapkan Indonesia memang harus mencari celah dan memanfaatkan posisinya di OPEC, terutama disaat kondisi minyak dunia sedang seperti sekarang ini.

"Untuk kepentingan Indonesia maka perlu lobby Saudi dan Iran di OPEC untuk tidak kurangi produksi," kata Berly kepada indoPetroNews.com beberapa waktu lalu di Jakarta.

Berly juga menyarankan agar peran Indonesia di OPEC, bisa mencari pertner potensial lain untuk meningkatkan kapasitas dan supply minyak dari luar negeri. "Posisi di OPEC juga bisa dimanfaatkan untuk mencari supplier yang mau memberi diskon dan investor kilang minyak," katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login