IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Produksi Shale Amerika Serikat Meningkat

Produksi Shale Amerika Serikat Meningkat

Written By Indopetro portal on Monday, 13 June 2016 | 12:53

indoPetroNews.com-Perusahaan jasa perminyakan Baker Hughes pada Sabtu (11/6/2016) melaporkan bahwa jumlah sumur minyak AS (rig count) meningkat lagi sebanyak tiga, dalam waktu sepekan yang berakhir tanggal 3 Juni 2016. Dengan demikian, dikombinasikan dengan kenaikan yang terjadi di periode sebelumnya, rig count mencapai total 328.

Kabar tersebut langsung menjorokkan harga minyak WTI, terutama karena muncul hanya beberapa hari setelah lembaga pemerintah Energy Information Administration (EIA) mengabarkan adanya peningkatan produksi sebanyak 10,000 bph di Amerika Serikat. Kenaikan itu menghentikan penurunan pekanan yang telah berlangsung selama 4 bulan, sekaligus membawa total produksi minyak AS ke 8.745 juta bph.

Level produksi dan rig count AS sekarang masih jauh lebih rendah ketimbang periode yang sama tahun lalu pada 9.6 juta bph dan 445 sumur. Namun, situasi ini menunjukkan bahwa produsen-produsen minyak Shale perlahan kembali menjalankan aktivitasnya ketika harga telah meningkat lebih dari 90% dari level terendahnya. Pada gilirannya, kebangkitan ini mengancam keberlanjutan reli bullish minyak.

Salah satu manajer investasi yang beroperasi di AS, Mark Watkins, mengatakan pada Bloomberg, "Area $50-$60 per barel adalah titik manis (untuk memulai kembali produksi). Kita akan mulai melihat produsen kembali pada $50, tetapi (lebih) banyak dari mereka akan datang ketika (harga mencapai) $60."

Meski demikian, pelaku pasar cenderung berhati-hati dan mengurangi taruhan bullish-nya pada komoditas minyak. Menurut Commitment of Traders CFTC yang merekam posisi-posisi spekulatif di pasar berjangka AS, posisi long netto pada minyak berkurang dari 347 ribu ke 325.2 ribu dalam waktu sepekan yang berakhir tanggal 7 Juni 2016. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login