IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Rencana Pembentukan Holding BUMN Energi Dinilai tak Jelas

Rencana Pembentukan Holding BUMN Energi Dinilai tak Jelas

Written By Indopetro portal on Monday, 20 June 2016 | 12:46

indoPetroNews.com-Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi yang digagas oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, dipandang tidak jelas konsepnya.  Hal tersebut diutarakan oleh Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia, Ferdinand Hutahaean.

“Kami heran dengan sikap Menteri BUMN yang seolah memaksakan pembentukanholding ini tanpa kajian matang dan kompeherensif,” tegas Ferdinand kepada indoPetroNews.com beberapa waktu lalu di Jakarta.

Seharusnya Kementerian BUMN,  ungkap Ferdinand, tidak semaunya dan tidak seenaknya terkait pembentukan holding company bidang energy. Hingga kini format holdingnya saja belum jelas dan masih coba coba utak-atik, tidak ada formula yang sudah teruji publik dan pas. Kemudian, holding ini akan diisi oleh perusahaan energi mana saja juga belum jelas.

Fernand menyatakan bahwa semestinya kementerian menyiapkan konsep matang dulu baru di launching. “Upaya coba-coba ini terlihat dari beberapa kali upaya untuk merger PGN dengan Pertamina sebagai induk. Kemudian berubah lagi bahwa PGN jadi anak usaha di merger dengan Pertagas. Ini menandakan konsep holding ini masih coba-coba dan asal-asalan,” paparnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan bahwa pembahasan Peraturan Pemerintah (PP) untuk payung hukum Holding BUMN Energi sudah tahap final. Dalam waktu 1 bulan ke depan, PP ini akan segera terbit. "Sudah tahap final, PP-nya sedang diproses di Kemenkum HAM, dalam waktu 1 bulan bisa masuk," kata Rini. 

Saat PP disahkan maka PT Pertamina (Persero) akan resmi menjadi induk holdingsektor energi, sedangkan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menjadi anak usaha di bawah Pertamina. (Sofyan)


Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login