IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » SKK Migas-KKKS Adakan Sosialisasi AFE Manager dan PTK AFE Revisi 1

SKK Migas-KKKS Adakan Sosialisasi AFE Manager dan PTK AFE Revisi 1

Written By kusairi kusairi on Wednesday, 29 June 2016 | 15:07

indoPetroNews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus berupaya untuk mempercepat proses peningkatan kualitas kinerja internal dan para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS). Tujuannya untuk menunjang pengembangan dan peningkatan industri hulu minyak dan gas bumi (migas).

Salah satunya, SKK Migas mengadakan sosialisasi Pengadaan Maintenance & Technical Support Authorization for Expenditure (AFE) Manager kepada para Kontraktor KKS. Acara ini bertajuk "Sosialisasi AFE Manager & Sosialisasi PTK AFE Revisi 1 (Modul Closed Out AFE)" yang diselenggarakan pukul 09.00 WIB pada Rabu (29/6/2016) di Plaza City Lt. 9 Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan.

Menurut Deputi Pengendalian Keuangan SKK Migas, Parulian Sihotang, masalah AFE Manager ini menjadi prioritas utama bagi SKK Migas. "Bahkan kita melakukan komitmen tertulis," tegas Parulian Sihotang dalam sambutannya di hadapan para peserta yang terdiri dari perwakilan Kontraktor KKS . Hal ini, lanjut Parulian Sihotang, agar pihaknya dapat memonitor sejauh mana program AFE Manager ini berjalan dengan baik.

Melalui AFE Manager ini, ungkap Parulian Sihotang, sebenarnya untuk mempermudah kinerja. "Sebab kita telah menggunakan teknologi komunikasi dan koordinasi yang berbasis IT," imbuh Parulian Sihotang, sembari berharap agar para peserta dapat menyampaikan AFE Manager kepada top manajemen dimana mereka bekerja.

Sedangkan Kepala Divisi Pemeriksaan Biaya Operasi SKK Migas, Agus Irawan, menyampaikan bahwa output dari AFE Manager ini adalah audit keuangan. "Misalnya soal nilai proyek yang telah disetujui oleh SKK Migas," ungkap Agus Irawan. Agus Irawan juga menambahkan bahwa dengan sosialisasi AFE Manager ini diharapkan selain mempercepat proses mempercepat proses pengajuan, evaluasi, dan persetujuan authorization for expenditure juga ada kesamaan pandangan antara Kontraktor KKS dengan SKK Migas.

Sementara Andi Arie, juga dari SKK Migas, memaparkan mengenai closed out AFE.

Closed out AFE, kata Andi Arie, adalah pertanggungjawaban pelaksana dan realisasi biaya proyek/AFE pada masing-masing WK KKKS berdasarkan AFE dan/atau revisi AFE yang disetujui oleh SKK Migas, baik secara bundling ataupun unbundling dengan persetujuan WP&B.

Menurut Andi Arie, berdasarkan data pihak SKK Migas, pada 2016 sebanyak 6.310 AFE Manager telah diselesaikan. "Di antaranya 31% dari Chevron," ujar Andi Arie, sembari menyatakan bahwa dalam closed out AFE diperoleh perhitungan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam forum sosialisasi ini juga dibuka sesi tanya jawab. Ada beberapa peserta yang mengajukan. Di antaranya adalah Sugiantoro dari Pertamina EP, Fei dari Chevron, Riza dari ConocoPhilips.

Seperti diketahui, SKK Migas telah meluncurkan sistem berbasis web bernama AFE Manager. Sistem ini ditargetkan mulai aktif dari 1 Agustus 2016.

AFE adalah otorisasi pembiayaan rencana kerja dan anggaran atas kegiatan yang berbasis proyek yang diberikan oleh SKK Migas kepada Kontraktor KKS berdasarkan hasil evaluasi teknis dan biaya. Prosedur ini diperlukan untuk memastikan bahwa program kerja yang direalisasikan sesuai dengan rencana kerja yang telah disetujui.

Selama ini proses pengajuan, evaluasi, dan persetujuan AFE ini dilakukan melalui dokumen cetak. Dengan adanya sistem AFE Manager nantinya, semua proses tersebut akan dilakukan secara online. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login