IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » SKK Migas Selenggarakan Seminar Agar Tetap Segar dan Sehat Saat Puasa Ramadhan

SKK Migas Selenggarakan Seminar Agar Tetap Segar dan Sehat Saat Puasa Ramadhan

Written By Indopetro portal on Thursday, 2 June 2016 | 13:28

indoPetroNews.com-Puasa, selain menjadi ibadah yang diwajibkan bagi Muslim, ternyata juga berfungsi sebagai terapi berbagai penyakit bagi seseorang. Bahkan membuat orang tampak segar dan awet muda. Apa rahasianya?

"Karena salah satu metode untuk obati penyakit caranya dengan puasa," kata dr David Fadjar dalam seminar Keseimbangan Gizi Saat Berpuasa yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada Kamis (2/6/2016) di Plaza City Lt. 9 Jakarta Pusat.

Menurut alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini, sejatinya puasa bisa menjadi terapi bagi berbagai penyakit, yaitu penyakit darah tinggi, dan diabetes.

David Fadjar menyitir satu buku berjudul Fasting and Eating for Health. "Di dalamnya diulas tentang berbagai keuntungan kesehatan berkat puasa," papar pria kelahiran 9 Februari 1967 di Magelang, Jawa Tengah.

Menurut David Fadjar, terdapat beberapa benafit yang akan didapatkan oleh mereka yang menjalankan puasa. Diantaranya adalah detoxification, menghentikan masuknya berbagai racun dalam tubuh serta mengendalikan kadar gula darah. "Rejenate,
membuat lebih segar dan awet muda, mengurangi endotoxin, sebagai body repair dan panjang umur," ujar David Fadjar.

Lebih jauh David Fadjar juga memberikan tips agar mereka yang berpuasa tetap bisa segar bugar dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. "Saat sahur kurangi makanan pedas, spicy, garam, gula dan minum yang cukup," tandas David Fadjar.

Sementara untuk hidangan saat berbuka puasa, ungkap dokter ahli gizi ini, mengonsumsi air hangat dan buah-buahan. "Jangan terlalu dingin. Mengonsumsi makanan pun harus bertahap, baik segi jumlah dan konsistensi," kata David Fadjar, sembari mengimbuhkan bahwa orang yang berpuasa itu saluran pencernaannya sedang berhenti 12 jam.

Sedangkan dr Kasyunil menekankan bahwa ibadah puasa sejatinya dapat menyehatkan jasmani dan rohani. "Karena ini adalah ajaran dari Allah swt untuk menyeimbangkan badan dan jiwa," kata Kasyunil, sembari mengingatkan agar lebih banyak mengonsumsi air minum saat berbuka dan sahur serta selalu menjaga kesehatan mulut saat berpuasa. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login