IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » SKK Migas : Tidak Benar Prinsip Produksi Migas akan Terus Meningkat

SKK Migas : Tidak Benar Prinsip Produksi Migas akan Terus Meningkat

Written By Indopetro portal on Friday, 17 June 2016 | 12:59

indoPetroNews.com- Prinsip yang menyatakan bahwa produksi minyak dan gas bumi (migas) akan meningkat dari tahun ke tahun itu sebenarnya tidak ada. “Yang ada adalah produksi migas akan terus turun,” kata Kepala Perpajakan Satuan kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) A. Rinto Pudyantoro dalam acara diskusi, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Indonesia pada era 90-an mengalami puncak produksi  migas. Saat ini posisinya sedang terus turun. “Cost produksi terus meningkat sementara produksi  tetap turun,” imbuh penulis buku Dialog Tanya Jawab Migas ini sembari mengibaratkan bahwa mencari minyak itu seperti seseorang yang sudah tidak muda lagi yang membutuhkan biaya perawatan sehingga cost produksi terus meningkat.  

Diakui Rinto bahwa mencari sumber-sumber migas itu tidak segampang membalikkan telapak tangan. “Penuh ketidakpastian. Kalau pun ketemu hal tersebut belum tentu menjanjikan secara ekonomis,” lanjutnya.

Karena itu, kunci untuk terus meningkatkan produksi migas ada pada kegiatan eksplorasi. “Eksplorasi, eksplorasi dan eksplorasi, ” ucapnya sembari mengimbuhkan eksplorasi terdiri dari dua hal, yaitu mengangkat migas dari perut bumi (ekstraksi) dan melakukan treatment (produksi). Sebab eksplorasi itu intinya adalah mencari dan membuktikan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login