IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Tak Sempat Mudik? Jakarta Juga Menjanjikan Kok

Tak Sempat Mudik? Jakarta Juga Menjanjikan Kok

Written By Indopetro portal on Monday, 20 June 2016 | 11:40

petroWisata.indoPetroNews.com- Anda tidak sempat mudik? Atau sengaja ingin merayakan Idul Fitri di ibukota Jakarta? Tidak perlu khawatir, tidak akan bete. Jakarta kaya akan destinasi yang oke dan membuat refresh, seru dan asyik dinikmati bersama keluarga. “Yang pasti, kekuatan Jakarta adalah wisata belanja dan kuliner! Shopping dan culinary, yang ramai di Jakarta adalah mal dan pusat niaga,” kata Menpar Arief Yahya, menyebut libur mudik #PesonaLebaranJakarta.

Masyarakat bisa jalan-jalan ke Grand Indonesia, Ritz Carlton, Plasa Senayan, Senayan City, Kota Cassablanca (Kokas), Gandaria City, Pondok Indah Mall (PIM), Kelapa Gading, Summarecon termasuk café-café seperti Citos, Ciwalk, dan banyak lokasi lainnya. “Mal adalah salah satu kekuatan pariwisata Kota Jakarta, sebagai Kota Belanja,” ungkap Arief Yahya, Menpar.

”Sementara lalu lintas di jalan raya dipastikan lancar. Hanya jalur yang menuju mal saja yang sibuk” tambah Kepala Dinas DKI Jakarta Catur Laswanto. Lalu ke mana sebaiknya warga berwisata #PesonaLebaranJakarta ? Inilah lokasi wisata yang boleh dicoba?

 1. Monumen Nasional (Tugu Monas)

Anda sudah pernah ke Monas? Monumen Nasional yang bersejarah bagi bangsa ini? Tinggi 132 meter (433 kaki), didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda. Monumen yang dibangun oleh Presiden Soekarno, bermahkota lidah api yang dilapisi lembaran emas.

Monas adalah tempat wisata di Jakarta yang paling populer, sekaligus salah satu kebanggaan Republik Indonesia. Monumen yang diarsiteki oleh Friedrich Silaban dan R.M. Soedarsono ini terbuka untuk umum setiap hari sejak jam 8 pagi hingga 3 sore, kecuali pada Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

Di bagian dasar, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia pada kedalaman 3 meter. Museum ini berukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung hingga 500 orang. Terdapat lift yang akan membawa Anda ke puncak Monas setinggi 115 meter, Anda dapat menyaksikan panorama Jakarta dari puncaknya. Kapasitas lift menampung paling banyak 11 orang sekali angkut dan pelataran puncak Monas maksimal dapat menampung hingga 50 orang.

2. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu, salah satu obyek wisata di Jakarta yang terdiri dari beberapa pulau kecil ini adalah spot menarik dari antara tempat wisata lain yang masuk propinsi DKI Jakarta. Cakupan Kepulauan Seribu antara lain Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan puluhan pulau lain. Sebagian besar di antaranya menawarkan suasana santai jika dikunjungi bersama keluarga. Apa yang bisa dilakukan di Kep Seribu? Diving, snorkeling, atau sekedar berjalan-jalan menikmati sunset di kala senja. Di beberapa pulau sudah ada sarana akomodasi, termasuk transportasi menuju ke sana. Pulau Tidung mungkin salah satu pulau yang layak didatangi. Pulau ini memiliki garis pantai yang begitu teduh dan asri, membuat wisatawan betah berlama-lama singgah di pulau kecil ini. Dominasi suasana yang tenang dan nyaman tentunya sangat cocok untuk bersantai bersama teman, kerabat, dan keluarga.

 3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tak hanya populer bagi warga Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah atau TMII adalah pula destinasi populer bagi pengunjung dari luar Jakarta yang ingin berwisata di Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah adalah tempat wisata menarik di Jakarta yang cocok dinikmati bersama keluarga. Hal ini terbukti dari ribuan pengunjung memadati tempat wisata ini, mayoritas terdiri dari anak-anak, kaum muda, dan orang tua.

Ada banyak wahana menarik yang ditawarkan Taman Mini Indonesia Indah, seperti Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro, tak ketinggalan pula Taman Ria Atmaja, Kereta gantung, serta puluhan wahana lain yang menarik. Disamping wahana, TMII juga menawarkan wisata bernuansa edukasi yang cocok untuk kemajuan pendidikan anak.

 4. Ancol Dreamland

Sempat populer dengan nama Taman Impian Jaya Ancol, destinasi wisata yang satu ini kini lebih familiar disebut Ancol Dreamland. Boleh jadi Ancol Dreamland adalah icon wisata di Jakarta mengingat dalam setiap harinya, destinasi ini tak pernah sepi dari pengunjung baik domestik maupun mancanegara.

Serupa dengan Taman Mini Indonesia Indah, Ancol Dreamland termasuk tempat wisata di Jakarta yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Letak Ancol Dreamland cukup strategis sehingga mudah dijangkau dari berbagai arah. Dan seperti tempat wisata untuk keluarga pada umumnya, Ancol Dreamland menyajikan sejumlah wahana yang cocok dinikmati oleh semua golongan usia. Ada wahana Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi, atau Sea World yang disukai kaum muda dan anak-anak. Tentu saja, Anda akan dikenai biaya lagi untuk menikmati wahana-wahana yang ada di Ancol Dreamland.
                                                                                                                                                                    5. Dufan (Dunia Fantasi)

Dufan atau Dunia Fantasi adalah obyek wisata populer di Jakarta yang temasuk bagian dari Ancol Dreamland atau Taman Impian Jaya Ancol. Sesungguhnya luas area Dunia Fantasi ini tidak begitu besar, hanya sekitar 9 hektar. Namun, di dalamnya terdapat berbagai wahana menarik yang siap memanjakan para pengunjung.

Dunia Fantasi terbagi menjadi beberapa spot dengan background negara-negara besar di dunia, seperti hal-hal bernuansa Eropa, Amerika, dan Indonesia sendiri. Uniknya masing-masing spot ini dilengkap sejumlah wahana bermain yang cukup lengkap, seperti kolam renang ukuran besar dan berbagai fasilitas hiburan.


6. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan yang berdiri sejak 1864 ini pada mulanya dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia. Luas area tempat wisata di Jakarta yang satu ini sebesar 147 hektar dan memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa. Kebun binatang Jakarta yang populer ini juga ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon, membuat suasananya menjadi begitu sejuk dan nyaman.

Inilah salah satu tujuan wisata anak di Jakarta yang terkenal, memberikan edukasi dan pengenalan sejak dini bagi anak-anak terhadap kehidupan satwa secara langsung.

Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan hanya sebesar Rp 4 ribu (dewasa) per orang dan anak-anak Rp 3 ribu. Anda dapat mengajak putera-puteri untuk menaiki wahana dan satwa, seperti kuda tunggang, onta tunggang, kereta keliling, sepeda ganda, hingga menonton pentas satwa. Tetapi tentu saja, masing-masing wahana dan satwa tunggangan tersebut dikenai biaya.

 7. Kidzania Jakarta

Inilah salah satu destinasi wisata anak di Jakarta yang paling disukai. Kidzania Jakarta menawarkan rekreasi unik berkonsep EDUTAINMENT bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Tempat wisata indoor ini berbentuk semacam replika kota yang sesungguhnya, tetapi dalam ukuran anak-anak. Ada jalan raya, Rumah Sakit, Supermarket, Salon, Teater, serta kendaran lalu-lalang di sekeliling kota replika ini.

Orangtua tidak diperkenankan ikut dalam kegiatan wisata anak selama berlangsung, tetapi orangtua didorong untuk menjadi penonton di Teater dan Stasiun TV. Selain itu, tersedia juga Parents Lounge, yakni tempat untuk orang dewasa bersantai selama anak-anak bermain.

Tiket masuk Kidzania Jakarta disesuaikan dengan rentang usia anak, kisaran harga mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 250 ribu per anak. Sementara untuk orang dewasa, harga tiket masuk mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per orang.


8. Wisata Mall

Ada banyak mall di Jakarta yang bisa dijadikan tempat jalan-jalan window shopping bersama keluarga. Salah satunya adalah Grand Indonesia Mall, yang tidak hanya menawarkan pengalaman wisata belanja, tetapi juga pengalaman kuliner yang menarik. Objek wisata Jakarta yang satu ini adalah pula salah satu tempat nongkrong di Jakarta yang favorit bagi banyak kalangan. Ukuran mall ini terbilang besar dan spot perbelanjaan yang lengkap dari berbagai brand fashion dunia.

Lahan parkirnya juga luas, Anda patut untuk mengingat posisi parkir kendaraan Anda agar tidak sulit mencarinya. Dari salon hingga bioskop, juga restoran di Jakarta dan cafe hingga penjual desserts, tersedia di Grand Indonesia Mall.

Di saat akhir pekan, salah satu tujuan wisata di Jakarta ini menjadi begitu ramai dengan kunjungan orang dari berbagai usia. Sebagian besar pengunjung merasa tidak bosan untuk datang kembali mengunjungi mall Jakarta yang satu ini.

Mall lain selain Grand Indonesia juga banyak, Ritz Carlton, Plasa Senayan, Senayan City, Kota Cassablanca (Kokas), Gandaria City, Pondok Indah Mall (PIM), Kelapa Gading, Summarecon, Bintao Xchange, Pluit, Ciputra World, Ciputra Mall, termasuk café-café seperti Citos, Ciwalk,


9. Masjid Istiqlal

Inilah masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan desain arsitektural perpaduan dari arsitektur Indonesia, Timur Tengah, dan Eropa. Masjid nasional yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia ini berawal dari gagasan Menteri Agama RI saat itu, KH. Wahid Hasyim serta H. Anwar Tjokroaminoto. Kemudian oleh Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno, pembangunan masjid diprakarsai dengan pemancangan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal pada tanggal 24 Agustus 1961.

Nama “Istiqlal” berasal dalam bahasa Arab, artinya “Merdeka”. Masjid ini dibangun sebagai ungkapan dan bentuk rasa syukur bangsa Indonesia, yang atas berkat dan rahmat Tuhan YME telah terbebas dari tangan penjajah. Tahukah Anda, antara Masjid Istiqlal dan Geraja Katedral Jakarta berada dalam lokasi yang sangat dekat. Hal ini dimaksudkan oleh Presiden Soekarno sebagai lambang semangat persaudaraan, persatuan, dan toleransi beragama di Indonesia sesuai Pancasila.

Masjid Istiqlal memiliki arsitektur modern, dinding dan lantainya berlapis marmer dan dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat, serta mampu menampung lebih dari 200 ribu jamaah. Rancang bangun masjid kebanggaan Indonesia ini diarsiteki oleh Frederich Silaban, seorang penganut agama Kristen Protestan, dengan karya desain masjid bersandi Ketuhanan.

Saat ini, kunjungan wisatawan ke Masjid Istiqlal tak pernah sepi. Selain sebagai tempat ibadan, masjid ini adalah pula objek wisata religi di Jakarta yang terkenal, pusat pendidikan, serta pusat aktivitas syiar Islam.

 10. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Kota Jakarta dengan landmark Kota Tua adalah pesona wisata sejarah di Jakarta yang memberi banyak pengetahuan. Berbagai peninggalan masa lampau masih dapat Anda jumpai di kawasan yang selalu ramai saat akhir pekan ini. Juga, para pecinta fotografi akan selalu suka datang ke Kota Tua.(*)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login