IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » UU Migas Baru Diharapkan Ciptakan Kedaulatan dan Ketahanan Energi

UU Migas Baru Diharapkan Ciptakan Kedaulatan dan Ketahanan Energi

Written By Indopetro portal on Saturday, 18 June 2016 | 05:44

indoPetroNews.com- Membentuk Undang-undang Minyak dan Gas Bumi (UU Migas) baru adalah solusi untuk mewujudkan kedaulatan dan ketahanan energi. "Kita mendorong terbentuknya kedaulatan pengelolaan migas Indonesia," kata Faisal Yusra, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Migas Indonesia, Jumat sore (17/6/2016) di Jakarta. 

Ia mengatakan, ujung dari kedaulatan energi adalah ketahanan energi. Faisal Yusra juga menjelaskan di tengah fluktuasi harga minyak mentah, namun bauran energi migas masih 45% sampai tahun 2025. "Artinya minyak masih strategis dalam kehidupan Indonesia," tandasnya sembari juga mengakui bahwa cadangan migas semakin menipis.

Untuk itu, lanjutnya, dalam menguatkan masalah ketahanan energi maka kuncinya ada pada rancangan UU Migas yang kini tengah dalam proses revisi.  "Memang UU Migas sebagai salah satu pengejawantahan pasal 33 UUD 1945. Tetapi UU Migas 22/2001 konsultannya adalah pihak asing," lanjut Faisal Yusra.

Faisal mengaku tidak heran bila dalam UU Migas disebut Pertamina disamakan dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) yang lain.

"Faktanya Pertamina hanya menguasai 15% dari pertambangan migas Indonesia," tandas Faisal Yusra sembari mengimbuhkan bahwa ada beban Pertamina untuk menyediakan stock operasional BBM, tetapi disisi lain Pertamina harus bersaing dengan perusahaan migas asing.

Sementara itu, Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) Noviandri menegaskan bahwa carut marutnya industri hulu-hilir minyak dan gas bumi (migas) Indonesia berpangkal pada  Undang-undang (UU) Migas. "Karena itu, kami mendesak agar revisi UU Migas lebih mengakomodasi kepentingan nasional daripada kepentingan asing dan kelompok-kelompok tertentu," tegas Noviandri. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login