IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Dinilai Sukses Tekan Polusi Udara, IEA Apresiasi Indonesia

Dinilai Sukses Tekan Polusi Udara, IEA Apresiasi Indonesia

Written By Indopetro portal on Tuesday, 19 July 2016 | 12:05

indoPetroNews.com- Kinerja pemerintah dalam pengelolaan energi di Tanah Air kembali mendapat apresiasi. Kali ini, International Energy Agency (IEA) yang mengapresiasi langkah pemerintah dalam mereformasi sektor energi. Tepatnya, untuk program mencabut subsidi bahan bakar minyak (BBM), efisiensi sektor energi dan pengembangan energi baru terbarukan (EBT). Soalnya, program reformasi tersebut telah membantu mengendalian lingkungan, khususnya dari polusi udara yang disebabkan sektor energi.

Direktur Eksekutif IEA, Fatih Birol di sela-sela acara peluncuran "World Energy Outlook (WEO) 2016" mengatakan, pihaknya saat ini mendorong dunia untuk menyediakan akses energi yang lebih bersih secara luas dan berkelanjutan. IEA, lanjutnya, mengapresiasi dan mendukung pemerintah Indonesia untuk terus melakukan reformasi sektor energi. "Kami juga siap membantu berbagai inisiatif dalam mendorong rasionalisasi subsidi energi, mempercepat pengembangan energi baru terbarukan, dan mempromosikan efisiensi energi," ungkap Fatih di Jakarta, Selasa (19/7).

Di tempat yang sama, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, sikap mendukung IEA tersebut merupakan bentuk apresiasi dunia internasional kepada inisiatif dan upaya pemerintah Indonesia dalam mengendalikan polusi udara di sektor energi. Menurutnya. polusi udara erat kaitannya dengan kualitas udara. Sehingga, kualitas udara akan membaik apabila energi yang digunakan semakin bersih.

Menurut Sudirman, selama ini Indonesia memang serius dalam pengembangan energi bersih melalui reformasi di sektor energi untuk menjamin kedaulatan energi. Ia membeberkan, reformasi energi yang dilakukan bertumpu pada tiga pilar, yaitu mempromosikan tata kelola pemerintahan yang transparan, dapat dipertanggungjawabkan, adil, dan mandiri. "Kedua membangun kapasitas nasional melalui difusi teknologi, akurasi data dan informasi serta pelibatan sektor swasta," terangnya.

Ketiga, lanjutnya, mempersiapkan pemimpin profesional dan sumber daya manusia yang dapat memastikan terus berlangsungnya reformasi, dan mempromosikan perubahan manajemen di internal sektor energi. Selain itu, percepatan pengembangan energi terbarukan membutuhkan komunikasi efektif, pemantauan secara ketat, dan penegakan hukum.(**)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login