IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Indonesia Termasuk Energy Berbiaya Mahal

Indonesia Termasuk Energy Berbiaya Mahal

Written By Indopetro portal on Wednesday, 27 July 2016 | 18:35

indoPetroNews.com- Dewan Energi Nasional (DEN) menilai bahwa penggunaan tenaga nuklir sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dianggap sebagai sesuatu yang berbiaya tinggi.

"Pembangunan PLTN di Indonesia akan lebih mahal karena berada dalam daerah gempa, menggunakan teknologi asing, dan mengimpor uranium," Prof Rinaldy Dailimi, anggota Dewan Energy Nasional (DEN) dalam acara seminar bertajuk "Nuklir Ramah Lingkungan dalam Pembangunan Nasional," pada Rabu (27/7/2016) di salah satu hotel di Jakarta.

"Kita harus berpikir bahwa tepatlah jika menempatkan pilihan terakhir di Indonesia," cetus Rinaldy.

Menurut Rinaldy, negara Australia yang menjadi negeri terbesar di dunia dalam memproduksi uranium enggan mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Alasannya potensi energy lainnya masih dapat dikembangkan. "Jadi Indonesia jangan meniru AS, Jepang, dan Korea yang telah mengembangkan nuklir," tegas Rinaldy sembari menambahkan sebaiknya paradigma bahwa energy nuklir disebut sebagai energy bersih dan ramah lingkungan perlu ditinjau ulang.

Apakah energy nuklir bersih? "Apabila tidak menghasilkan CO2 disebut bersih. Definisi bersih harus diubah. Karena faktanya sudah jelas di tragedi Chernubil dan Fukushima," tambah Rinaldy.

Menurut Rinaldy, sebenarnya kebijakan energy nasional telah menetapkan bahwa energy nuklir telah ditetapkan sebagai pilihan terakhir. "Ini sudah tepat," tandasnya. Karena sebenarnya Indonesia mempunyai banyak pilihan untuk mengembangkan energy.

Dalam Kebijakan Energy Nasional (KEN pasal 11 ayat 1c) disebutkan bahwa terdapat prioritas pembangunan energy, yaitu sebagai berikut; meminimalkan penggunaan minyak, memaksimalkan energy baru dan terbarukan dan mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi dan energi baru. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login