IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menpar Arief Yahya Ramaikan Viral Fest Asia 2016

Menpar Arief Yahya Ramaikan Viral Fest Asia 2016

Written By Indopetro portal on Monday, 18 July 2016 | 10:20

petroWisata.indoPetroNews.com– Kementerian Pariwisata terus mengepakkan sayap promosinya. Setelah hadir di Piala Eropa 2016, ajang sepak bola terakbar di Benua Biru, kementerian di bawah komando Arief Yahya itu ikut hadir di Viral Fest Asia 2016. Ini adalah ‘Lebarannya’ musisi top, social media influencer , film makers dan directors Asia. Semuanya akan kumpul jadi satu di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali, Indonesia, 16 Juli 2016. Bagi Kemenpar, acara akbar ini sangat sayang untuk dilewatkan tanpa promosi. 

Maklum, ini adalah festival revolusi dunia digital dan musik terbesar di Asia. Ada 27 artis dari 12 negara Asia akan hadir di sana. Content creators dan YouTubers dari 12 negara di Asia juga ikutan nimbrung di Pulau Dewata. Itu belum termasuk 500 undangan VIP dari perusahaan ternama Asia. Broadcasters, agencies, media, public relation, Telcos, platform, hingga investor dari berbagai penjuru Asia dipastikan akan memusatkan perhatian ke Bali. 

“Bali adalah destinasi yang sudah punya pamor di peta pariwisata dunia. Tapi Indonesia juga punya ’10 Bali Baru.’ Awareness ini yang akan kami sebar di Viral Fest Asia 2016,” terang I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, yang didampingi Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Pemasaran Asia Pasifik Kemenpar, Rabu (13/7). 

Istilah 10 Bali baru itu lebih untuk memberi tekanan agar performance masing-masing daerah itu seperti Bali, yang setahun bisa mendatangkan 4 juta wisman. Dan bila dipromosikan di Viral Fest Asia 2016, 10 destinasi prioritas seperti Toba Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Pulau Seribu Jakarta, Borobudur Jateng, Bromo Jatim, Mandalika Lombok, Labuan Bajo Komodo, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara, diyakini bisa kebagian berkahnya.

“Acaranya bakal heboh sekali. Ini adalah perayaan revolusi dunia digital dan musik terbesar di Asia. Acaranya digelar WebTVAsia, perusahaan media digital yang ditonton 600 juta orang secara global. Kehadiran Wonderful Indonesia di sana pasti akan berimbas sangat dahsyat,” tambah Pitana. 

Viral Fest Asia 2016 memang punya magnet besar. Akan ada banyak artis-artis papan atas Asia dari Tiongkok, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, India, Korea, Taiwan, dan Vietnam, yang memeriahkan festival tersebut. Mau cari siapa? Hyuna, artis K-Pop, yang pernah dancing bareng sama Psy dalam video klip 'Gangnam Style' dipastikan hadir. Ada juga rapper India, Badshah, grup dance komedi dari Jepang, Egu-splosion, artis mandapop Tiongkok Guan Zhe, juga rapper Malaysia Namewee. Dari Indonesia, ada Al Gazali, DJ Yasmin, serta Papinka. 

Semua ngetop. Dan kebetulan, semua memiliki followers yang kuat di negara-negara yang ditargetkan dalam kampanye Wonderful Indonesia. “Bayangkan impactnya. Selain lewat endorser, promosi pariwisatanya juga bisa lewat content creators, dan YouTubers dari 12 negara di Asia. Belum lagi kesempatan menawarkan investasi kepada investor top Asia. Semua bisa dilakukan di satu tempat,” ulas Pitana.

Eksposure acara ini memang bakal dahsyat. Selain coverage 12 media internasional, akan ada juga live streaming YouTube, MIVO Indonesia, serta platform-platform besar Tiongkok. Akan ada Ren Ren, Zhai Zhi Bo, Bilibili, Meipai Musik serta Qian Fan yang siap menyiarkan live streaming. Tak heran, festival ini akan dibanjiri 8.000 orang. Dan dari dunia maya, even ini diyakini bisa mengundang audience sebanyak 100 juta netizen. “Bila Wonderful Indonesia ada di Bali, bukan cuma

yang datang ke sana yang nonton, tapi seluruh dunia bisa nikmatin,” timpal Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Pemasaran Asia Pasifik Kemenpar. Nah, bagi yang ingin datang ke Garuda Wisnu Kencana, Bali, even Viral Fest Asia akan digelar 16 Juli 2016, pukul 17.00- 23.00 WITA. Setelah itu, acaranya akan dilanjutkan dengan konser musik EDM oleh top DJs Indonesia pada 23.00 - 02.00 WITA dini hari. “Cara dapat tiketnya mudah dan murah. Tinggal kiik www.viralfestasia.com atau www.loket.com dan bayar Rp 50.000, semua langsung beres,” tambah Vinsen.

Menpar Arief Yahya berencana hadir dalam Viral Fest Asia 2016 itu. Kemenpar memang semakin sering menggunakan platform media sosial untuk berpromosi. Berbagai gambar, video, teks selalu diviralkan ke ruang publik melalui Medsos. Selain untuk menginformasikan ke publik, juga untuk mendapatkan feedback atas kebijakan dan rencana kerja lemerintah terkait pariwisata. "Medsos memang bisa memviralkan materi yang positif," kata Arief Yahya.(*)







Batam International Fashion dan Food Festival 2016 Siap Menyihir Batam

petroWisata.indoPetroNews.com –Perhelatan berkelas international kembali menyambangi Pulau Batam. Setelah sukses dengan pelaksanaan event-event akbar sebelumnya, Batam International Fashion dan Food Festival 2016 kembali akan digelar di pulau yang dekat dengan Singapura dan Malaysia tersebut.

”Kami siapkan acara itu bulan November 2016, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata. Kami berharap semua bisa terlaksana dengan baik dan meriah, karena kami harus terus ikut menjaga atraksi di Batam yang juga sebagai pintu masuk wisatawan ke tanah air kita,” ujar Juru Bicara Panitia Pelaksana, Christine Besinga kepada wartawan.

Pihaknya kembali mengadakan acara tersebut karena dorongan promosi untuk Indonesia agar masyarakat international maupun ASEAN semakin kepincut dengan fashion dan kuliner nasional. ”Jelas event ini akan menjadi perhatian mancanegara, khususnya ASEAN akan produk fashion dan kuliner Indonesia. Industri kreatif yang menopang pariwisata makin hidup, sektor pariwisata juga semakin bergairah, ujungnya pendapatan masyarajat ikut terkatrol," ujar wanita yang orang tuanya berasal dari Filipina itu.

Selain itu, masih kata Christine, acara ini akan diikuti oleh designer-designer dari Jakarta, dari Riau juga beberapa dari Malaysia dan Singapura. Designer-designer dari Jakarta yang sudah dipastikan hadir adalah Rudy Chandra, Erdan, Audy Defrico, Thomas Sigar, Sonny Muchlison, Feronica Kristoofer, Yunita Harun, Fika Siregar, Yoyok Prasetyo, Rasyd Salim, Andy Saleh, Anggia Mawardy.

”Siapa saja designer yang akan hadir masih akan bertambah, fashion kita tidak kalah dengan negara tetangga, dan mereka juga sangat suka dengan designer tanah air kita. Indonesia itu kaya, punya semuanya, jadi saya sangat percaya diri dengan even ini,” kata wanita yang tinggal di Batam ini. Bukan hanya fashion, Christina memaparkan bahwa nantinya akan ada pesta kuliner dari Batam. Semua makan khas Riau terutama Batam akan disajikan bersamaan dengan acara tersebut.

”Kami ingin terus memperkenalkan trend fshion, perkembangan kuliner tanah air kita, mendatangkan wisman dan wisatawan nusantara,mendatangkan buyers lokal dan international,” katanya. Kegiatan yang akan dilaksanakan juga variatif dan menarik. Dalam rentetan acara akan ditampilkan fashin show, talkshow, demo hijab, model competition, culture performance, bazaar, exhbition, bazaar kuliner dan festival aneka makanan Indonesia. ”Semuanya menjadi satu beratraksi dan harus memukau wisatawan,” ujarnya.

Christina juga berpegang teguh kepada apa yang diperintahkan Kemenpar melalui Menteri Pariwisata Arief Yahya. Terutama untuk menghidupkan cross border, atau dekat dengan negara tetangga untuk memperbanyak event dan acara yang bisa dinikmati oleh tetangga negara kita. "Jika tiap akhir pekan ada kehiatan rutin dan itu bisa menjadi tujuan orang Singapore dan Malaysia, akan sangat efektif sebagai border tourism yang bisa menaikkan jumlah wisman," kata Arief Yahya, Menpar RI di Jakarta.

Karakter event sendiri bisa bermacam-macam. Bisa musik, bisa cultural festival, sport tourism, atau apapun untuk menarik wisman ke tanah air. “Mengapa Malaysia banyak wisman? Itu juga lebih banyak border tourism, terbesar dari Singapore, karena tidak perlu menyeberang, bisa ditempuh dengan jalur darat. Jadi jangan juga silau dengan catatan jumlah wisman Malaysia. Tapi kualitas wisman Singapore yang ke Malaysia dengan yang ke tanah air harus lebih bagus ke kita," kata Arief Yahya. (*)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login