IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Penerapan CPD Tingkatkan Efisiensi Hingga 10 Juta USD

Penerapan CPD Tingkatkan Efisiensi Hingga 10 Juta USD

Written By Indopetro portal on Wednesday, 13 July 2016 | 08:34

indoPetroNews.com- Ada metode jitu dilakukan Pertamina untuk mendapatkan crude oil yang lebih murah dan lebih baik dari proses tender. Bagaimana caranya? 

“Dengan menggunakan Crude Processing Deal (CPD), yaitu memanfaatkan crude oil Pertamina yang di luar negeri. Khususnya di Irak,” kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, beberapa waktu lalu di Jakarta. Seperti diketahui, Pertamina memiliki lapangan minyak di Irak.

Crude oil Pertamina di Irak mempunyai kandungan sulfur yang tinggi sehingga saat ini tidak dapat diproses di kilang yang berada di dalam negeri. “Crude oil milki kita tersebut kita proses,” tandas Dwi Soetjipto.
   
Metode Crude Processing Deal ini diperkenalkan pada awal 2016. “Kita sudah lakukan beauty contest yang dilakukan di luar negeri. Pada awal Juli ini diterapkan,” ucap Dwi Soetjipto, sembari mengimbuhkan pihaknya akan memproses pengolahan crude oil 1 juta barel per bulan dan akan ditingkatkan hingga 2 juta barel per bulan.

Produk yang dihasilkan dari proses pengolahan crude oil tersebut adalah LPG, gasoline, avtur dan diesel. “Nilai tambahnya adalah kita akan mendapatkan efisiensi sebesar 10 juta USD per tahun dibanding dengan impor produk secara langsung,” terangnya.

Menurut penuturan Dwi Soetjipto, dengan penerapan CPD maka pihak trader menurunkan harganya. “Ini menjadi competitor untuk para peserta tender dan meningkatkan kompetisi,” ujarnya. (Sofyan)  
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login