IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » SKK Migas Kembangkan Pokja Pengawasan dan Kepatuhan

SKK Migas Kembangkan Pokja Pengawasan dan Kepatuhan

Written By Indopetro portal on Monday, 25 July 2016 | 09:59

indoPetroNews.com- Untuk mengemban amanah negara dalam mengembangkan industri hulu minyak dan gas bumi (migas), Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) selain didukung oleh asas profesionalisme juga didukung oleh sistem pengawasan dan kepatuhan.

“Selain ada pengawasan internal SKK Migas, juga menjalin hubungan dengan pihak eksternal yang terkait dengan pengawasan dan kepatuhan. Misalnya dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” kata Kepala Kelompok Kerja (Pokja) Pengawasan Kepatuhan SKK Migas, Zudaldi Rafli, beberapa waktu lalu di Bandung, Jawa Barat.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dwiyatno, Bagian Pengawasan Kepatuhan SKK Migas. Menurutnya, sebagian tugas dari Kelompok Pengawasan Kepatuhan SKK Migas adalah mengawal kepatuhan internal.

Apa program kepatuhan SKK Migas? “Ini adalah serangkaian dari prosedur, pedoman-pedoman, kegiatan-kegiatan internal untuk menjaga SKK Migas dan orang-orang yang bekerja di dalamnya agar dalam mengemban amanat yang diamanatkan oleh negara untuk mengelola industri hulu migas dapat bekerja, patuh pada peraturan dan ketentuan yang berlaku. Serta memiliki integritas yang tinggi dan juga beretika,” papar Dwiyatno.

Namun di luar hal tersebut, lanjutnya, terdapat pula kebijakan-kebijakan dari Kementerian ESDM. Misalnya kalau ada orang masuk ke kantor SKK Migas diharuskan mengenakan ID Card, itu juga termasuk program kepatuhan.

Menurut Dwiyatno, program-program kepatuhan tersebut tidak jadi dalam sehari dua hari tetapi sebagian besar sudah ada sejak era BP Migas. Misalnya Pedoman Etika ditetapkan sejak 2010. Juga Program Pengendalian dan Gratifikasi sudah ada sejak 2011.

“Kami dalam membuat program kepatuhan ini juga melakukan bensmarks/kajian studi banding ke industry lainnya. Kita pernah datang ke BRI dan perusahaan swasta untuk belajar tentang kepatuhan karena saat itu BP Migas saat itu masih relatif baru didirikan. Kami juga tidak malu belajar ke teman-teman Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS). Kita datang ke Pertamina,” kata Dwiyatno.

Lebih jauh Dwiyatno mengemukakan bahwa nilai-nilai inti tersebut tentu dipercaya dapat membawa pada tujuan yang diamanatkan oleh negara. “Dengan adanya nilai-nilai tersebut diharapkan semua elemen karyawan SKK Migas memiliki perilaku yang sesuai dengan core values tersebut, yaitu Prudent (professional, responsif, unity indeversity, desesif, etic, smart, focus and transperty,” tegasnya. (Sofyan)



Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login