IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Terobosan Out of Box, Pintu Kesuksesan untuk Tingkatkan Eksplorasi Migas

Terobosan Out of Box, Pintu Kesuksesan untuk Tingkatkan Eksplorasi Migas

Written By Indopetro portal on Thursday, 28 July 2016 | 15:41

indoPetroNews.com- Selayaknya Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) fokus pada tugas-tugasnya, yaitu membantu kelancaran eksplorasi minyak dan gas bumi (migas). Demikian ditegaskan oleh Dr Ir Suyitno Patmosukisno, Komisaris Utama PT Citra Tubindo, dalam acara Explorationists Sharing Session pada Kamis (28/7/2016) di Plaza City, Jakarta.

Untuk meningkatkan eksplorasi, diperlukan terobosan-terobosan yang out of box. Misalnya, kata Suyitno, langkah utamanya adalah segera merampungkan RUU Migas menjadi UU. "Rohnya adalah pasal 33 sebelum amandemen ke 4," tandas Suyitno.

Disamping itu, imbuhnya, SKK Migas harus menyadari bahwa pemerintah adalah pemegang kuasa pertambangan kepada perusahaan milik negara untuk melakukan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas nasional. "Hal ini harus dimengerti," tegas Suyitno.

Suyitno pun mengingatkan bahwa pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Selain itu, sejatinya ada penyamaan pengertian tentang kegiatan eksplorasi migas.

"Penurunan produksi disebabkan penemuan cadangan baru tidak seimbang dengan yang diproduksikan," ucap Suyitno, sembari mengimbuhkan bahwa upaya terus menerus dilakukan untuk menjawab pertanyaan mengapa kegiatan eksplorasi tidak dapat ditingkatkan.

Sementara Direktur Utama PT Suma Sarana, Budiono, mengeksplorasi tentang 3 (tiga) kunci sukses dalam kegiatan eksplorasi. Pertama, terdapat pada teknologi. Kedua, resources. "Resources ini terdiri dari permodalan dan Sumber Daya Manusia," kata Budiono, sembari memberikan poin ketiga, yaitu strategi. "Strategi yang tepat menentukan kesuksesan eksplorasi," tegas Budiono.

FX Sujanto, master consultan Consulting Group, menyarankan agar SKK Migas berfungsi sebagai parenting bukan semata-mata pengawasan dalam meningkatkan eksplorasi. "Pengawasannya jangan galak-galak," seloroh Sujanto.

Sedangkan mantan Dirjen Migas, Luluk Sumiarso, memaparkan paparannya tentang "Perspektif Regulasi dalam Industri Hulu Migas."

Menurut Luluk, sejatinya regulasi industri hulu migas tidak lepas dari pengalaman atau ilmu pengetahuan sehingga ilmu tersebut dapat diejawantahkan. "Jadi, ilmu bukan hanya sebatas wacana," terang Luluk. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login