IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Toilet SPBU Pertamina Pungut Biaya, Bagaimana Pendapat Anda?

Toilet SPBU Pertamina Pungut Biaya, Bagaimana Pendapat Anda?

Written By Indopetro portal on Tuesday, 26 July 2016 | 15:33

indoPetroNews.com- Jika Anda mengisi bahan bakar minyak di SPBU Pertamina untuk kendaraan dan kebetulan Anda kebelet untuk buang air kecil, maka jangan lupa untuk membawa uang Rp 2000. Pasalnya, toilet SPBU Pertamina dijaga oleh seseorang yang telah menyiapkan kotak bertuliskan Rp 2000.

Fakta ini pun dialami penulis saat hendak mengisi bensin kendaraan bermotornya di salah satu SPBU di kawasan Ciputat Tangerang Selatan, Banten. Seusai mengisi bensin, penulis langsung menuju arah toilet. Tetapi karena melihat ada penjaga toilet yang duduk dibelakang kotak yang bertuliskan Rp 2000, penulis terpaksa berbalik arah untuk mengambil sejumlah uang dalam tas, yang dititipkan kepada kawan yang ikut berbonceng.

Pengalaman serupa, rupanya banyak dialami oleh masyarakat umum lainnya. Bahkan telah memantik rasa penasaran dan pertanyaan bagi masyarakat seumumnya, apakah fasilitas toilet di Pom Bensin Pertamina telah diwajibkan untuk berbayar? Pertanyaan ini bahkan telah muncul sejak 2013 silam, bila mengacu pada mesin pencarian di internet.

Netizen membagikan kisahnya masing-masing tentang pengalaman menggunakan toilet Pertamina. Ada yang setuju, tetapi tak sedikit yang merasa tidak setuju.

Bila dicermati, belakangan SPBU Pertamina memang kian banyak memasang tarif Rp 2000 untuk sekali menggunakan toilet. Berbeda dengan sebelumnya, yang sama sekali tidak pernah dikenakan biaya. Di Jakarta, tak sulit menemukan SPBU yang memasang tarif toilet. Di kota-kota lain juga demikian, yang dengan terang-terangan memungut biaya dengan dalih untuk biaya kebersihan.

“Toilet berbayar untuk ditempat-tempat umum memang sudah biasa dan memang sudah sepantasnya kita bayar uang kebersihan. Tapi yang mengganjal buat saya, kalau toilet SPBU ada dipasang tarif. Bukankah toilet itu termasuk pelayanan bagi pelanggan SPBU tersebut? Masa iya toiletnya juga pasang tarif? Seolah-olah mereka tidak mampu bayar uang kebersihan juga dari hasil SPBU atau dari bensin yang kita beli dari mereka. Massa iya bangun SPBU saja mampu, bayar uang buat air di toilet atau petugas kebersihan ngga mampu, pelanggan SPBU harus bayar uang kebersihan juga padahal juga sudah bayar bensin,” tulis Julian Asahi, seorang Kompianer mencurahkan opininya saat menggunakan toilet di SPBU Pertamina di daerah Kebumen, Desember 2013.

Menurut Anda, apakah toilet SPBU Pertamina pantas memungut biaya atau tidak? (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login