IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Corsec Pertamina: Holding BUMN Energi Demi Efisiensi

Corsec Pertamina: Holding BUMN Energi Demi Efisiensi

Written By Indopetro portal on Thursday, 11 August 2016 | 17:08

indoPetroNews- Saat ini sedang dibentuk joint committee antara PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai langkah awal menuju pembentukan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi. Demikian diungkapkan oleh Corporate Secretary (Corsec) Pertamina Wisnuntoro kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com Kamis (11/8/2016) di Jakarta.

"Pembentukan holding BUMN energi dimaksudkan agar dapat diefisienkan dari yang selama ini," kata Wisnuntoro.

Dia menerangkan bahwa pembentukan joint committee dimaksudkan sebagai penjajakan untuk melakukan hal-hal yang dapat dikerjasamakan maupun disinergikan. Misalnya terkait dengan wilayah yang telah dibangun jalur pipa di Sumatera. Begitupun sektor-sektor lainnya.

Saat ditanyakan tentang kalkulasi nilai efisiensi dari merger kedua pihak Wisnutoro menyatakan belum melakukan kalkulasi penghitungan detilnya. Namun ia memastikan akan terjadi penghematan hingga kemudian juga memiliki dampak signifikan kepada pengguna akhir (konsumen).

"Artinya, konsumen dapat harga yang lebih terjangkau dan menguntungkan," kata Wisnuntoro.

Sebagai catatan, Menteri BUMN, Rini Soemarno, menggulirkan gagasan tentang pembentukan holding BUMN energi. Gagasan tersebut rupanya terus bergulir dan berkembang tidak hanya holding BUMN bidang energi saja.

Bahkan, Kementerian BUMN kini menargetkan adanya 5 holding BUMN baru yang harus direalisasikan dalam waktu dekat.

Lima sektor BUMN yang akan dilakukan penyatuan atau holdingisasi antara lain minyak dan gas (energi), pertambangan, jalan tol, jasa keuangan, dan perumahan.

Di antara 5 sektor tersebut, holding sektor energi yang menyatukan PT Pertamina (Persero) dan PT PGN Tbk diperkirakan akan terwujud dalam waktu dekat ini. Saat ini, proses holdingisasi di sektor tersebut masih terus berjalan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login