IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » DEN : Pemerintah Dorong Pengembangan Energi Nuklir

DEN : Pemerintah Dorong Pengembangan Energi Nuklir

Written By Indopetro portal on Tuesday, 23 August 2016 | 11:06

indoPetroNews- Ketahanan energi masih rentan. Apalagi cadangan energi fosil kian terbatas. Demikian diungkapkan oleh Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Tumiran, dalam acara Seminar Nasional tentang Teknologi dan Aplikasi Reaktor Nuklir, pada Selasa (23/8/2016) di kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

"Dibutuhkan ruang untuk mengembangkan nuklir di Indonesia. Kenyataanya sampai sekarang belum ada ruang walaupun sudah ada Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)," tegas Tumiran, sembari menambahkan Batan tidak diberi kesempatan dan ruang untuk membuktikan lembaga ini bisa mengembangkan energi nuklir. 

"Ibaratnya, bagaimana membuktikan bahwa seseorang itu ahli menggergaji bila tidak pernah diberi kayu untuk digergaji. Atau ahli bangunan tapi tidak diberi ruang untuk membangun bangunan," ungkapnya.

Dia juga mengemukakan bahwa pemerintahan saat ini mendorong pengembangan energi tenaga nuklir. "Tidak sedikit menteri yang menyetujui pengembangan  energi nuklir," cetusnya.

Tumiran juga menceritakan bahwa di luar Pulau Jawa kebutuhan terhadap energi sangat  besar. Bahkan, imbuh Tumiran,  beberapa Gubernur Sumatera telah berkirim surat kepada Presiden untuk mengusulkan pengembangan energi nuklir. 

"Tetapi ada anggapan bahwa dibalik pengajuan surat tersebut terdapat kepentingan Pak Tumiran," seloroh Tumiran, tentang isu surat para Gubernur Sumatera.

Lebih jauh Tumiran menandaskan bahwa energi harus diciptakan sehingga pasar pun juga tumbuh.
Ia juga memaparkan tentang beberapa alasan mengapa nuklir perlu masuk menopang kebutuhan energi dan listrik di Tanah Air. Menurutnya, terdapat beberapa poin, yaitu;  pertama terkait keseimbangan energi. Kedua, adanya jaminan pasokan skala besar. Ketiga, aspek keekonomian. Keempat, pertimbangan lingkungan. Kelima, aspek continuity. Keenam,  sisi keamanan. Ketujuh, aspek penguasaan teknologi dan kemandirian bangsa. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login