IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , , » Ditjen EBTKE Selenggarakan Lomba Hemat Energi antar Sekolah di Jabodetabek

Ditjen EBTKE Selenggarakan Lomba Hemat Energi antar Sekolah di Jabodetabek

Written By Indopetro portal on Monday, 29 August 2016 | 13:56

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) menyelenggarakan acara Peluncuran Lomba Hemat Energi di rumah dan sekolah untuk daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Event ini dilaksanakan pada Senin (29/8/2016) di Jakarta Selatan.

Peluncuran lomba hemat energi ini juga turut dihadiri oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mariyam, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Dinas ESDM Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pendidikan Kota dan peserta lomba yang terdiri dari siswa, guru dan undangan lainnya.

"Perilaku hemat merupakan kewajiban bersama seluruh masyarakat. Saat ini kita masih tergolong boros dalam menggunakan energi. Konsumsi energi kita masih cukup tinggi. Karenanya perubahan perilaku menjadi penting," kata Direktur Konservasi Energi Ditjen EBTKE, Farida Zed, dalam sambutan saat meresmikan lomba hemat energi.

Menurut Farida, energi adalah kebutuhan dasar manusia selain pangan. Semakin sejahtera masyarakat suatu negara maka semakin tinggi pula kebutuhan energi. Sumber energi saat ini masih bertumpu pada minyak, gas bumi dan batu bara. "Sebesar 95% energi kita masih berupa energi fosil," terang Farida.

Sayangnya, lanjut Farida, energi fosil ini tidak dapat diperbaharui. Sekali diambil dan dipakai, energi fosil akan habis. "Tidak semua negara dikarunia potensi energi fosil. Indonesia memang tidak kaya sumber energi tetapi ada cadangan dan potensinya," tandasnya.

Cadangan energi fosil di Indonesia semakin hari semakin menipis. "Cadangan energi konvensional kita telah menurun 50%," ucap Farida. Oleh karena, Farida berharap agar masyarakat dapat lebih bijak dalam menggunakan energi.

Dalam upaya menyosialisasikan program hemat energi inilah, lanjut Farida, pihaknya menyelenggarakan lomba hemat energi di sekolah. "Generasi muda menjadi ujung tombak dalam menyosialisasikan gerakan hemat energi. Hemat energi menjadi satu keharusan dan tanggung jawab moral," tegasnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login