IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Harus Ada "Keberpihakan Politik" Bila Pemerintah Serius Tingkatkan Kemandirian Energi

Harus Ada "Keberpihakan Politik" Bila Pemerintah Serius Tingkatkan Kemandirian Energi

Written By Indopetro portal on Monday, 8 August 2016 | 18:29


indoPetronews.com - Ada perbedaan signifikan antara kemandirian energi dan ketahanan energi. Selama ini sebagian kalangan cenderung menyamakan bahkan mensejajarkan dalam satu kalimat antara kemandirian energi dan ketahanan energi.

"Kemandirian energi lebih pada upaya negara dalam penguasaan terhadap sumber daya alam yang dimilikinya," kata Suyitno Patmosukismo, Komisaris PT Energi Mega Persada Tbk kepada indoPetroNews.com Senin (8/8/2016) di ruang kerjanya Lantai 32 Bakrie Tower, di Jakarta. Diakuinya, untuk mewujudkan kemandirian energi tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Menurut Executive Advisor Indonesian Petroleum Association (2009 - 2013) ini dibutuhkan komitmen politik dalam mengusung kepentingan nasional. "Termasuk regulasi yang memberikan kepastian usaha dan 'politik keberpihakan' pemerintah kepada BUMN dan Badan Usaha swasta yang bergerak di bidang energi," ujarnya.

Suyitno menambahkan bahwa kemandirian migas nasional juga terkait dengan kontrak kerja sama dengan pihak asing. "Karena itu harus ada kejelasan bagi investor tentang ketentuan dan prosedur yang transparan tentang perpanjangan kontrak," terangnya.

Sedangkan ketahanan energi, adalah upaya pemerintah dalam menyediakan ketersediaan energi. "Ada beberapa upaya yang dapat ditempuh oleh pemerintah. Diantaranya adalah meningkatkan kapasitas kilang minyak, meningkatkan cadangan penyangga Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional, membangun cadangan strategis minyak bumi dan menugaskan perusahaan minyak nasional untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi di berbagai dunia internasional," papar Suyitno.

Langkah 'trans-nasionalisasi' perusahaan energi nasional dapat dilakukan dengan memanfaatkan hubungan baik dengan perusahaan minyak internasional, baik selaku mitra kerja sama (Kontraktor KKS) maupun perusahaan internasional lainnya yang beroperasi di beberapa negara di dunia. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login