IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Indonesia Diperkirakan Alami Defisit Energi pada 2019

Indonesia Diperkirakan Alami Defisit Energi pada 2019

Written By Indopetro portal on Monday, 29 August 2016 | 08:32

indoPetroNews- Upaya mengubah mindset tentang energi sebagai komoditas menjadi energi sebagai modal dasar pembangunan masih belum terlihat kemajuannya. Apa indikatornya?

“1, 1 milyar SBM (Setara Barel Minyak) pertahun konsumsi energi Indonesia naik dengan rata-rata 7% per tahunnya. Melihat tingkat konsumsi energi kita, Indonesia termasuk boros dalam pemakaian energi (jika diukur berdasarkan Intensitas Energi), jika dibandingkan dengan negara lain, namun dilihat dari pemakaian energi per kapita, Indonesia masih sangatlah rendah,” kata Staf Ahli Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Bidang Relevansi dan Produktivitas, Agus Puji Prasetyono, kepada indoPetroNews.com Senin (29/8/2016) di Jakarta.

Menurut Agus, sebanyak 95% dari kebutuhan energi Indonesia masih berasal dari fosil (minyak, gas bumi dan batubara), dan baru 5% berasal dari energi baru/terbarukan (panas bumi, tenaga air, biomasa, tenaga surya, tenaga angin). Cadangan energi fosil Indonesia apabila diproduksi pada tingkat produksi (reserves to production ratio) diperkirakan akan habis dalam 12 tahun untuk minyak bumi, 34 tahun untuk gas bumi dan 61 tahun untuk batu bara.

“Apabila pengelolaan energi hanya secara bussiness as usual, Indonesia dipastikan menjadi negara defisit (pengimpor netto) minyak, dan akan mengalami defisit energi pada 2019,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya defisit energi, imbuh Agus, harus dilakukan berbagai upaya terencana, holistikal dan terintegrasi secara serius. “Solusinya melakukan berbagai penelitian dan pemanfaatan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) yang bertujuan meningkatkan produktivitas dan pencapaian bauran energi secara terintegrasi guna mendukung konservasi dan diversifikasi energi,” kata Agus. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login