IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , , » Indonesia Siapkan Kerjasama Pembangunan Kilang dengan Arab Saudi

Indonesia Siapkan Kerjasama Pembangunan Kilang dengan Arab Saudi

Written By Indopetro portal on Friday, 26 August 2016 | 10:23

indoPetroNews- Pemerintah Indonesia menyiapkan beberapa proyek pengembangan kilang minyak untuk dibahas dengan pemerintah Arab Saudi. Pasalnya, Raja Salman bin Abdul Aziz, akan melawat ke Tanah Air pada Oktober 2016.

"Kami sedang mengejar komitmen. Aramco ini agak lambat prosesnya," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan, di Jakarta (25/8).

Ia mengatakan telah menyiapkan beberapa proyek akan dibahas dalam kunjungan penguasa Arab Saudi tersebut. Pertama, janji investasi pada proyek kilang minyak. Salah satunya adalah Kilang Cilacap, membutuhkan investasi US$ 5,5 miliar.

Persoalannya, Saudi Aramco sebagai mitra strategis PT Pertamina (Persero) untuk mengembangkan kilang tersebut, meminta pengurangan kepemilikan saham dari 45 persen menjadi 30 persen. Usulan itu akan memperberat Pertamina karena harus menyiapkan uang lebih banyak.

Selain Kilang Cilacap, Luhut bakal mengejar komitmen Saudi Aramco untuk menggarap proyek kilang Dumai di Riau dan Balongan di Jawa Barat. Janji tersebut tertuang dalam perjanjian awal diteken bersama Pertamina pada Desember 2014 dan akan berakhir November 2016.

Pertamina saat ini menunggu Aramco untuk membuat kesepakatan lanjutan dalam head of agreement. Sedangkan pihak Saudi Aramco belum juga menyepakati besaran investasi dan jangka waktu proyek, meski berencana merampungkan pada 2022. Padahal pemerintah Indonesia ingin kilang itu selesai satu tahun lebih cepat.

Luhut menduga lambatnya sikap Aramco lantaran keuangan mereka sedang ditimpa krisis. Dia meminta Pertamina bersiap bila akhirnya Aramco mundur dari kongsi bisnis ini. "Pertamina saja, punya uang kok," ujarnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login