IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , , » Industri Hulu Migas Sejatinya Memajukan Ekonomi Masyarakat Pesisir

Industri Hulu Migas Sejatinya Memajukan Ekonomi Masyarakat Pesisir

Written By Indopetro portal on Monday, 22 August 2016 | 12:38

indoPetroNews-  Industri hulu minyak dan gas bumi (migas) dan industri perikanan diharapkan dapat tumbuh secara bersamaan. Demikian diungkapkan oleh Deputi Pengendalian Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Muliawan Haji dalam sambutannya pada acara Bright & Green Towards Fisheries Sustainability, Gedung Mina Bahari III, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Senin (22/8/2016) di Jakarta Pusat.

"Banyak sektor yang harus disinergikan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan sehingga out put-out put nya dapat berguna bagi banyak kalangan," kata Muliawan.

Dia menjelaskan bahwa sebanyak 47% Kontraktor Kontrak Kerja Sama  (Kontraktor KKS) wilayah operasinya berada di offshore. 47% Kontraktor KKS itu dari 292 Kontraktor KKS yang berada di Indonesia. "Ada 100 Kontraktor KKS Wilayah Kerjanya di offshore," tandasnya.

Inilah saatnya, lanjut Muliawan, untuk merealisasikan pemanfaatan teknologi di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) KKP, "Industri hulu migas selayaknya bisa menjadi lokomotif pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di daerah sekitar operasi perusahaan migas," tegasnya.
Muliawan juga tidak menampik bahwa tidak sedikit warga nelayan di daerah sekitar operasi perusahaan migas, yang masih membutuhkan support beragam teknologi yang menunjang pekerjaannya sehingga mendorong peningkatan pendapatannya.

Sementara Kepala Balitbang KKP Muhammad Zulfikar Muchtar, menyatakan bahwa berbagai produk teknologi yang dihasilkan Balitbang KKP terkait  perikanan bisa diterapkan oleh Kontraktor KKS. "Tahun ini diwujudkan," katanya sembari menambahkan untuk proses implementasinya perlu duduk bersama mengidentifikasi jenis teknologi yang cocok untuk diimplementasikan, seperti teknologi budidaya, teknologi penangkapan dan lain sebagainya.

Targetnya, ungkap Muhammad Zulfikar,  optimalisasi teknologi untuk mendorong peningkatan kesejahteraan nelayan.

Sedangkan General Manager Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori),  Judha Sumarianto, mengajak para Kontraktor KKS untuk bergabung dengan Forum Mitra Pengguna Teknologi Perikanan (FORMITAN).

"Kita mengajak KKKS yang lain untuk bergabung dengan FORMITAN agar proses pembelajaran teknologi unggulan dapat diwujudkan," cetus Judha Sumarianto, sembari mengimbuhkan program FORMITAN diharapkan menjadi pengembangan kawasan pesisir. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login