IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Kriteria Ideal Menteri ESDM Paska Arcandra Lengser

Kriteria Ideal Menteri ESDM Paska Arcandra Lengser

Written By Indopetro portal on Tuesday, 16 August 2016 | 16:33

indoPetroNews- Ada beberapa pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) paska diberhentikannya Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM. Pekerjaan dan tanggung jawab ini beralih ke pundak Luhut Binsar Panjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman) setelah ia ditunjuk Presiden untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) KESDM. Apa saja pekerjaan rumah tersebut?

"Pekerjaan rumah KESDM adalah perlunya revisi UU Migas. Hal ini agar dapat menciptakan iklim investasi di bidang Exploration and Production agar dapat sangat attractive  dan kondusif," kata analis energy security, Dirgo D Purbo, kepada indoPetroNews.com Selasa (16/8/2016) di Jakarta.

Menurut Dirgo, dengan diberhentikannya menteri ESDM tentu akan mempunyai dampak negatif terhadap citra manajemen Kementerian ESDM yang dikhawatirkan akan mengubah-ubah peraturan. "Dampak positifnya yakni Kementerian ESDM akan dikelola dengan kebijakan yang lebih berpihak pada kepentingan merah putih," tandasnya.

Dirgo juga mengemukakan bahwa kriteria Menteri ESDM (definitif) yang cocok itu tentunya adalah yang mempunyai latar belakang di bidang perindustrian perminyakan serta dengan jam terbang yang relatif lama dan memahami latar belakang aspek geo-politik dan geo-ekonomi.

"Ini diperlukan karena Kementerian ESDM  mengatur komoditi yang berdampak langsung dengan perkembangan global. Sosok yang punya latar belakang di TNI juga sangat cocok dan memadai," terangnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login