IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Pembangunan PLTN Tergantung Political Will Pemerintah

Pembangunan PLTN Tergantung Political Will Pemerintah

Written By Indopetro portal on Thursday, 25 August 2016 | 10:59

indoPetroNews- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) terus berupaya meyakinkan pemimpin Indonesia tentang program yang telah dilakukan terkait reaktor nuklir. 

”Kita membuat demo reaktor daya eksperimental. Ini juga menunjukkan kepada masyarakat reaktor nuklir yang menghasilkan listrik. Jadi, tidak perlu ditakuti,” ujar Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto kepada indoPetroNews.com di Jakarta.  

Demo reaktor daya eksprimental ini selain untuk keperluan energi juga untuk keperluan pencairan batubara, untuk menjadikan air laut menjadi  tawar dan lain semacamnya. “Kita melakukan itu sesuai dengan apa yang ditugaskan pemerintah kepada kita,” tandasnya. 

Kepala BATAN mengakui bahwa upaya pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) tergantung keputusan politik dan political will dari pemerintah. “Kita hanya melakukan hal-hal yang teknis dan memasok apa yang harus kita sampaikan. Dan memang salah satu titik lemah kita, berarti memang pemimpin-pemimpin kita belum percaya sama BATAN, boleh jadi seperti itu,” seloroh Djarot sembari tertawa kecil. 

Sebagai catatan, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) memiliki 3 reaktor riset yaitu Reaktor Kartini di Yogyakarta, Reaktor Triga di Bandung dan Reaktor Serba Guna GA. Siwabessy (RSG-GAS) di Serpong. 

Sedangkan tugas pokok BATAN sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2013 adalah melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan. 

Penelitian, pengembangan dan pendayagunaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir di Indonesia hanya diarahkan untuk tujuan damai dan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. (Sofyan)  
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login