IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Pengamat : Presiden Jokowi Selayaknya Cari Menteri ESDM yang Bebas Pengaruh Mafia Migas

Pengamat : Presiden Jokowi Selayaknya Cari Menteri ESDM yang Bebas Pengaruh Mafia Migas

Written By Indopetro portal on Friday, 19 August 2016 | 08:57

indoPetroNews- Keputusan Presiden Jokowi memberhentikan Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai akibat keamatirannya memimpin Indonesia berbuntut panjang dan merugikan rakyat kendati telah ditunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM. Apa saja imbasnya?  

“Akibatnya Kementerian ESDM saat ini dipimpin oleh Plt Luhut,yang menurut ketentuannya tidak dapat memutuskan kebijakan yang sangat penting. Sebut saja misalnya soal penentuan harga minyak Indonesia sebagai patokan transaksi (ICP), persetujuan Plan of Development (PoD) oleh usulan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) melalui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan status perpanjangan blok migas yang akan berakhir kontrak production sharing contract (PSC) serta proses transisi blok migas seperti blok Mahakam,” kata Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Yusri Usman kepada indoPetroNews.com Jumat (19/8/2016) di Jakarta.

Apalagi, lanjut Yusri, program pembangunan 4 kilang minyak yang selalu digadang-digadang Pertamina selama ini juga belum ada tanda-tanda progresnya. “Baru dalam bentuk berita-berita "angin sorga "saja. Belum lagi banyak tender PLTG dan PLTU dari program 35.000 MW masih gagal dalam proses tender-nya, seperti PLTG Jawa 1, PLTU Jawa 5 dan PLTG Pontianak dan lain lainnya,” paparnya.

Menurut dia, mengingat beratnya masalah defisit energi dan pembenahan tata kelola energi migas yang cukup rumit sangat dipengaruhi pemburu rente, maka kita berharap presiden harus segera mungkin menetapkan menteri baru  yang profesional, loyal pada bangsa dan negara.

“Cari sosok yang independen, profesional  dan mempunyai rekam jejak yang baik, terbebas dari pengaruh elit-elit partai politik (parpol), mafia migas, energi dan sumber daya alam,” tegas konsultan beberapa perusahaan migas ini. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login