IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Pengamat : Siapa Menjamin Archandra dan Stafnya Bukan Agen Asing

Pengamat : Siapa Menjamin Archandra dan Stafnya Bukan Agen Asing

Written By Indopetro portal on Monday, 15 August 2016 | 18:51

indoPetronews.com - Siapa yang dapat menjamin bahwa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar dan staf ahlinya bukan agen asing. Demikian ditegaskan oleh pemerhati energi, Fabby Tumewa, kepada indoPetroNews.com Senin petang (15/8/2016) di Jakarta.

"Apalagi Menteri Hukum dan HAM telah mengakui bahwa Archandra punya dua kewarganegaraan," kata Fabby.

Oleh sebab itu, Fabby mengatakan, untuk menyelamatkan muka Presiden Jokowi, sebaiknya Archandra mengundurkan diri atau Presiden mencopotnya.

"Bagaimana mungkin posisi yang strategis ini (Kementerian ESDM) dipercayakan kepada orang yang telah mengucapkan sumpah setia kepada orang bukan warga negara Indonesia. Tentu kita mempertanyakan nasionalisme Pak.Archandra," tegas Fabby.

Bila dipaksakan tetap menjabat maka publik, politisi dan para investor di bidang ESDM akan selalu mempersoalkan masalah ini (dwi kewarganegaraan) saat menteri ESDM mengeluarkan berbagai regulasi.

"Siapa yang menjamin bahwa Pak Archandra atau stafnya yang juga dari Amerika itu bukan agen asing. Dan siapa yang menjamin bahwa data dan potensi ESDM kita tidak diberikan kepada kepentingan asing," tegas Fabby, sembari mengimbuhkan bahwa pemerintah tidak boleh pandang bulu atau tebang pilih terhadap siapa pun, termasuk menteri, bila melakukan kesalahan maka harus dikatakan salah. "Jangan diback up apalagi akan diboldozer bila mengganggu Archandra," kata Fabby.

Sementara, mantan Kepala BIN, Hendropriyono, dalam Kultwitnya menulis tanggapan terkait dugaan dwikewarganegaraan Archandra.

"Loh emangnya kenapa orang mempunyai dwikenegaraan, bukan tindak pidana! Hanya jika hal itu diketahui, maka dia harus ditanya mau terus jadi WNI atau tidak? Kan dia sudah pilih jadi WNI, terus apa lagi?" tulisnya, sembari menghimbau masyarakat untuk tidak terbawa arus kebencian terhadap anak bangsa kita sendiri, Archandra Tahar.

"Dia terpilih sebagai menteri karena kecerdasannya, karena memiliki prestasi yang gemilang," tulis Hendropriyono. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login