IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Pengembangan EBT Selayaknya jadi Prioritas

Pengembangan EBT Selayaknya jadi Prioritas

Written By Indopetro portal on Thursday, 25 August 2016 | 09:17

indoPetroNewsTantangan Indonesia di masa mendatang adalah energi baru terbarukan harus menjadi prioritas. Negara kaya minyak pun, seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab yang telah mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang besar. 

“Mereka tahu tidak akan bisa lagi bergantung pada minyak,” kata Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR), Fabby Tumiwa kepada indoPetroNews.com pada Kamis (25/8/2016) di Jakarta.

Oleh karena itu, Fabby memaklumi adanya pemotongan anggaran pada Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). “Barangkali untuk dana-dana yang tidak dapat diserap. Namun ke depan, anggaran EBT harus ditambah. Jadi jangan dipotong,” tegasnya.

Bila ditilik dari perspektif jangka panjang ketika penerimaan negara defisit maka mengorbankan anggaran untuk EBT adalah sesuatu yang paling mudah karena programnya juga belum jadi. “Kita mendorong agar pengembangan EBT diberikan prioritas. Kalau perlu ada penugasan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengembangkan EBT dalam scala besar agar keekonomian EBT dalam tercapai,” imbuhnya.

Pemotongan anggaran berakibat pada melambatnya ekspansi proyek. Misalnya tidak berjalannya 3 proyek membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di tiga lokasi. Atau pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) di Papua juga tidak berjalan. “Proyek-proyek tersebut tidak dapat berjalan karena non teknis,” ungkap Fabby sembari mengingatkan pemerintah agar jangan mudah memotong anggaran EBT dalam konteks penghematan tetapi justru harus diperbesar anggarannya.

Lebih jauh dia juga berharap agar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menambah anggaran EBT. “Zamannya Pak Sudirman Said, ada wacana untuk meningkatkan anggaran EBT Rp 10 triliun setiap tahun. Saat ini baru Rp 1,7 triliun setiap tahun. Ini dengan pertimbangan investasi publik memang diperlukan untuk lebih mendorong berkembangnya EBT,” ucapnya.  (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login