IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » Penguasaan Teknologi Mutlak agar Harga EBT Kompetitif

Penguasaan Teknologi Mutlak agar Harga EBT Kompetitif

Written By Indopetro portal on Tuesday, 30 August 2016 | 08:19

indoPetroNews- Penguasaan teknologi di bidang energi baru terbarukan harus dikuasai agar harga energi alternatif dapat kompetitif jika dibandingkan dengan energi konvensional berbasis fosil.

Demikian diungkapkan oleh Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Farida Zed. Farida meyakini bahwa harga minyak mentah di pasar dunia akan segera terkoreksi dan energi baru terbarukan akan kembali tumbuh dan berkembang.

“Dengan menguasai teknologinya sehingga kita mempunyai produksi nasional yang baik. Bila kita kapasitas produksi turun tentu harga teknologi akan turun. Trend harga peralatan teknologi energi terbarukan terus turun,” kata Farida Zed kepada indoPetroNews.com Senin (29/8/2016) di Jakarta.

Farida menambahkan strategi untuk menguasai teknologi tersebut dapat dilakukan melalui riset. “Riset kita harus diperkuat,” cetusnya sembari mengimbuhkan pihaknya juga mempunyai Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). Riset energi baru terbarukan juga dilakukan Kemeterian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). “Kolaborasi dari lembaga-lembaga riset akan memperkuat penguasaan kita di bidang teknologi energi baru terbarukan,” tandasnya.

Kendati demikian, Farida juga mengakui bahwa selama ini teknologi energi baru terbarukan masih mengimpor. “Ini yang terus kita perkecil. Dan selama ada subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) maka harganya akan menjadi murah. Dan subsidi tidak akan membangun riset. Riset akan berhenti kalau harga yang diriset itu rendah. Ini yang harus kita perbaiki,” katanya.(Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login