IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Perusahaan Migas Bertanggung Jawab Berdayakan Warga Sekitar Operasi

Perusahaan Migas Bertanggung Jawab Berdayakan Warga Sekitar Operasi

Written By Indopetro portal on Thursday, 25 August 2016 | 12:05

indoPetroNews- Peran perusahaan industri minyak dan gas bumi (migas) yang beroperasi di lepas pantai sangat penting untuk turut memberdayakan warga, khususnya para nelayan sekitar daerah produksi. Pasalnya, 47%  dari 292  para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) migas, daerah operasinya berada di wilayah lepas pantai. Apa saja yang dibutuhkan para nelayan dari perusahaan migas agar lebih berdaya secara ekonomi?


Arif Satria, Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), terdapat beberapa poin penting yang selayaknya dilakukan oleh beberapa perusahaan migas yang beroperasi di lepas pantai untuk turut meningkatkan kesejahteraan warga.

“Memperluas akses pasar dan menampung produk lokal, meningkatkan mutu ikan tangkapan melalui olah teknologi,” kata  Arif, baru-baru ini di Jakarta. Selain itu, perusahaan migas juga dapat membantu meningkatkan safety awareness nelayan.
Di samping itu, lanjut Arif, perusahaan juga dapat memberikan bantuan infrastruktur kepada para nelayan dan melakukan  rehabilitasi lingkungan pesisir. “Jadi peran perusahaan migas sangat signifikan dalam berkontribusi memberdayakan para nelayan,” cetusnya. Apalagi Presiden Jokowi, kata Arif, bercita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.
“Poros maritim dunia adalah pusat kekuatan maritim yang disegani di dunia yang mampu menjadikan sumber daya laut sebagai pilar pembangunan nasional baik secara ekonomi, sumber daya alam (termasuk migas) sosial budaya, maupun pertahanan,” kata Arif. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login