IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » PWYP Desak Presiden Jokowi Segera Pilih Menteri ESDM Definitif

PWYP Desak Presiden Jokowi Segera Pilih Menteri ESDM Definitif

Written By Indopetro portal on Wednesday, 24 August 2016 | 12:53

indoPetroNews- Publish What You Pay Indonesia (PWYP) – koalisi 35 organisasi masyarakat sipil di Indonesia – mendesak Presiden Jokowi untuk segera menetapkan Menteri ESDM definitif, pengganti Arcandra Tahar. Selain itu, PWYP juga memberikan kriteria yang sejatinya dimiliki oleh calon Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pengganti Arcandra Tahar.

“Hal ini mengingat banyaknya agenda-agenda strategis sektor energi dan sumber daya mineral yang harus segera diselesaikan, pengambilan kebijakan/keputusan, serta agenda –agenda reformasi tata kelola yang yang harus dilanjutkan, baik di sektor hulu maupun hilir,” kata Koordinator Nasional PWYP, Maryati Abdullah, kepada indoPetroNews.com Rabu (24/8/2016) di Jakarta.
Menurutnya, sektor energi dan sumber daya mineral merupakan sektor vital dari pembangunan, yang perlu dipastikan pengelolaannya secara benar; memastikan dukungan politik kebijakan yang konsisten dan terukur; penciptaan iklim yang kondusif dan penuh kehati-hatian tanpa campur tangan kepentingan sesaat individu/kelompok pemburu rente; mendukung ketahanan energi nasional, pembangunan keberlanjutan dan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya PWYP juga mengajukan kriteria Menteri ESDM yang sebaiknya dipilih dan ditetapkan oleh Presiden Jokowi. Kriterianya, pertama calon menteri harus menjunjung tinggi dan memiliki integritas yang terpercaya. Kedua, harus jujur, memiliki reputasi yang bersih, dan tidak pernah terindikasi dalam korupsi, praktek pencucian uang, dan tindak pidana lainnya. Ketiga, memiliki latar belakang pengetahuan, pengalaman dan kepedulian di bidang energi dan sumber daya mineral. Keempat, tidak memiliki afiliasi dan konflik kepentingan (conflict of interest) dengan bisnis yang terkait di sektor energi dan sumber daya mineral (migas, mineral dan batubara, kelistrikan, serta energi baru-terbarukan)
Kelima, berkomitmen untuk mempublikasikan aset dan kekayaan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. Keenam, patuh melaksanakan kewajiban perpajakan dan mematuhi ketentuan-ketentuan perpajakan yang berlaku. Ketujuh, tidak berasal dari partai politik tertentu (non-partisan), dapat berasal dari kalangan profesional, pengamat maupun praktisi. 
Kedelapan, menjunjung tinggi asas profesionalisme, transparansi dan akuntabilitas serta tata kelola organisasi yang baik. Kesembilan, memiliki komitmen dalam memperbaiki tata kelola energi dan sumber daya mineral yang berkelanjutan dan memihak pada kepentingan bangsa. Kesepuluh, mempunyai visi-misi untuk mencapai ketahanan dan kemandirian energi, serta peningkatan nilai tambah yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login