IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Sekretaris Direktorat Jenderal EBTKE : Regulasi Pengembangan EBT Sudah Lengkap

Sekretaris Direktorat Jenderal EBTKE : Regulasi Pengembangan EBT Sudah Lengkap

Written By Indopetro portal on Tuesday, 16 August 2016 | 10:14

indoPetroNews- Terdapat beberapa faktor yang mendukung keberhasilan pengembangan energi baru terbarukan di Tanah Air seiring dengan berkurangnya cadangan energi konvensional. Apa saja faktor pendukungnya? 
“Kebijakan pemerintah yang mendukung energi baru terbarukan,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana, kepada indoPetroNews.com Selasa petang (15/8/2016) di kantor EBTKE Jakarta. 
Sebenarnya, lanjut Dadan, regulasinya sudah lengkap. “Undang-undang ada,  Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri (Permen) nya juga ada dan lengkap,” katanya. Diakuinya bahwa regulasi memerlukan waktu untuk dipahami hingga ke level bawah. 
Dia juga menambahkan, suatu regulasi juga memerlukan waktu untuk bisa dilaksanakan. “Misalnya listrik untuk PLN sudah ada komunikasi. Kita juga memahami apa yang menjadi concern PLN dan PLN pun juga memahami apa yang menjadi kebijakan pemerintah. Sebagai upaya win win solution maka dialokasikan subsidi,” tambahnya. 
Faktor lain yang mempengaruhi upaya pengembangan EBT adalah potensinya. “Di dalam negeri sangat besar,” kata Dadan, sembari berharap pemerintah mampu menghadapi tantangan global/asing terkait isu utama perubahan iklim dan lain sebagainya. 
Pendukung lainnya, lanjutnya adalah adanya kebutuhan pemenuhan listrik yang tinggi sehingga penting untuk menerapkan pemanfaatan energi baru terbarukan setempat terutama di daerah terpencil dan terluar. 
“Tersedianya teknologi lokal yang dapat diakses oleh masyarakat untuk menjaga keberlangsungan implementasi ernergi baru terbarukan,” tambah Dadan sembari menambahkan target pencapaian EBT pada 2025 sebesar 23%. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login