IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » SKK Migas Selenggarakan Forum Custody Transfer Bersama KKKS

SKK Migas Selenggarakan Forum Custody Transfer Bersama KKKS

Written By Indopetro portal on Thursday, 18 August 2016 | 10:03

indoPetroNews- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) selenggarakan Forum Custody Transfer SKK Migas - KKKS Tahun 2016.

Acara yang bertajuk "Peningkatan Kinerja Sistem Alat Ukur Custody Transfer Dalam Memaksimalkan Economic Return dari Sumber Daya Hidrokarbon di Indonesia" ini dilaksanakan pukul 08.17 WIB pada Kamis (18/8/2016) di lantai 9 Plaza City Jakarta.

Bagus Prihastono, ketua panitia acara, menyampaikan bahwa Forum Custody Transfer ini merupakan salah satu wujud kerjasama antara SKK Migas dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) dan Direktorat Metrologi. "Fokus pembahasan lebih terkait soal keakuratan dan realibilitas dalam pengoperasian hulu migas," kata Bagus, sembari berharap para peserta dapat aktif berpartisasi sehingga menghasilkan sesuatu yang produktif dan inovatif.

Event ini semula direncanakan dibuka oleh Deputi Pengendalian Operasi, Muliawan. Namun karena harus menghadiri acara di Kementerian ESDM, maka Forum Custody Transfer SKK Migas - KKKS ini dibuka oleh Kepala Divisi Operasi SKK Migas, Arief Fansuri.

Dalam sambutannya, Arief mengemukakan bahwa Forum Custody Transfer ini sangat relevan dengan apa yang dilakukan oleh bidang pengoperasian. "Metering ini adalah kegiatan hulu yang paling hilir dalam proses pencarian minyak. Kegiatan awal dan akhir," kata Arief, sambil menambahkan bahwa keakuratan alat ukur tidak dapat ditawar-tawar.

Arief menjelaskan bahwa pada tahun 2014 terdapat 17 klaim, pada tahun 2015 terdapat 15 klaim dan tahun 2016 terdapat 6 klaim para pembeli atas ketidakpastian alat ukur. "Mereka meragukan alat yang kita pakai," ujarnya.

Oleh sebab itu, Arief menyatakan bahwa upaya untuk memaksimalkan economic return sangat penting.

Lebih jauh Arief mengutarakan bahwa diselenggarakannya forum ini juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki komunikasi dengan para mitra kerja. "Banyak sekali yang harus diselesaikan dalam masalah metering ini," ucap Arief, sembari menegaskan moto SKK Migas adalah "Kerja Lebih Cepat, Kerja Lebih Efiesien".

Sementara Alick MacGillivra, TUV NEL, pembahas pertama dalam acara Forum Custody Transfer, mengulas soal uncertainty. "Masalah yang kita bahas ini sebenarnya sangat abstrak," seloroh Alick. Selain itu ia juga membahas terkait dengan the impact of uncertainty on flow measurement, hydrocarbon uncertainty, uncertainty based allocation. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login