IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » Wakil Kepala SKK Migas : Di Masa Depan Pemanfaatan Gas Beralih dari Pipa ke LNG

Wakil Kepala SKK Migas : Di Masa Depan Pemanfaatan Gas Beralih dari Pipa ke LNG

Written By Indopetro portal on Tuesday, 30 August 2016 | 14:33

indoPetroNews- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendukung berbagai upaya untuk mendukung pengembangan infrastruktur migas.

"Pada dasarnya dari sisi hulu minyak dan gas bumi (migas) tentunya kita sangat mendukung aktivitas infrastruktur ini," kata Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) M.I Zikrullah, kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com Selasa (30/8/2016) di Jakarta. Seperti diketahui, pada masa mendatang sumber gas semakin berkurang dan semakin sulit.

Oleh karena itu, lanjut Pak Zik, demikian ia kerap disapa, pemanfaatan gas akan berpindah dari gas pipa ke Liquefied Natural Gas (Gas Alam Cair) LNG.

Dia menyatakan dengan perpindahan ini maka pemanfaatan yang ada, membutuhkan infrastruktur yang lebih untuk gas. Selain itu, lanjut Pak Zik, pemanfaatan gas di masa mendatang bukan hanya menyambungkan ke sumber gas tapi virtual pipeline. "Akibat lanjutannya adalah gas dapat dinikmati saudara kita di remote area sehingga terjadi optimalisasi gas," tandasnya.

Pak Zik juga menjawab saat ditanyakan infrastruktur apa saja yang menjadi kebutuhan pada masa mendatang. Katanya, "Pertama seperti untuk distribusi LNG untuk pulau-pulau terluar. Ada juga LNG carrier, kemudian ada receiving terminal dan ada juga regasifikasi serta distribusinya".

Saat ditanyakan apakah infrastruktur tersebut akan similar dengan yang ada sekarang, Pak Zik pun menjawab, "Sekarang ada teknologi yang dapat membawa LNG dalam small scale, seperti pakai iso tank, sehingga dapat dibawa LNG dengan berbentuk container."

Dengan demikian, imbuh Pak Zik, pendistribusiannya lebih merata. "Ini juga dapat memenuhi kebutuhan tenaga listrik di daerah remote area. Sehingga pemanfaatan gas lebih optimal," katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login