IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » 3 Poin Usulan DPR Soal Revisi PP 79 2010

3 Poin Usulan DPR Soal Revisi PP 79 2010

Written By Indopetro portal on Friday, 9 September 2016 | 09:43

indoPetroNews- Upaya untuk merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2010 telah lama diusulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal tersebut diungkapkan oleh anggota Komisi VII DPR RI, Satya Widya Yudha. Apa saja usulannya?

“DPR mengusulkan adanya revisi sejak periode 2009-2014. Revisi yang diusulkan Komisi VII tersebut dengan tetap memperhatikan asas keadilan dan penerimaan negara,” kata Satya, Kamis (8/9/2016) di Jakarta.

Apa saja poin-poin revisinya? “Revisi meliputi pertama, perubahan rezim perpajakan dengan pemikiran kegiatan hulu migas menggunakan prinsip Assumed and Discharged, yakni semua pajak ditanggung dan/atau dibayarkan pemerintah,” papar Satya. Kemudian, lanjutnya, kegiatan eksplorasi dibebaskan dari segala jenis pajak dan cukai, serta perlunya menghormati tax treaty.

Kedua, kata Satya, revisi PP dengan menyederhanakan birokrasi audit pada kegiatan hulu migas untuk meminimalisir multi-opini terhadap objek audit yang sama. “Ketiga, memperjelas klasfikasi kilang dan proses LNG (liquefied natural gas) menjadi sektor Hulu,” tegasnya.

Revisi atas PP tersebut, imbuh Satya, menjadi salah satu langkah untuk menarik investor. “DPR memahami bahwa iklim investasi di Indonesia masih memprihatinkan. Misalnya, dalam Index Kemudahan Melakukan Bisnis oleh World Bank 2014, Indonesia di peringkat 114. Kalah jauh dengan Malaysia di peringkat 18, bahkan dengan Vietnam peringkat 78, dan Brunei 101, serta Zambia 111. Jadi situasi sekarang ini, sudah duit tidak punya, iklim investasi tidak menunjang,” ucapnya.

Satya berharap, ketika tidak mampu secara fiskal, untuk mendanai yang sifatnya fundamental seperti eksplorasi migas, pemerintah mengeluarkan senjatanya berupa kebijakan. “Kebijakan harus dibuat, dibuat payung hukum, agar orang yang punya uang berinvestasi. Mau eskplorasi. Kebijakan semacam ini dapat terjadi, jika semua instansi terkait di pemerintahan punya visi kuat bersama tentang pentingnya kegiatan eksplorasi migas,” tandasnya. (Sofyan)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login