IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Anggota Komisi VII DPR : Terjadi Paradoks dalam Tata Kelola Migas Indonesia

Anggota Komisi VII DPR : Terjadi Paradoks dalam Tata Kelola Migas Indonesia

Written By Indopetro portal on Friday, 16 September 2016 | 10:24

indoPetronews.com - Sebenarnya ada potensi untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi (migas) yang dapat dilakukan oleh para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS). Kenyataannya mereka menundanya. Ada apa dan perusahaan mana yang menunda peningkatan produksi migas?

“Chevron Indonesia menunda investasi. Mereka malah menunda investasi dan mengolah di area 14,” anggota Komisi VII DPR Mulyadi kepada indoPetroNews.com Kamis (15/9/2016) di Jakarta.

Dia menuturkan alasan yang dikemukakan oleh perusahaan kontraktor terkait menurunnya produksi adalah karena proses alamiah. “Padahal kita mengetahui ada teknologi yang bisa menahan laju produski,” ucap politisi dari Partai Demokrat ini.

Tapi di sisi lain, lanjut Mulyadi, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kita sedang membutuhkan dana besar. “APBN kita sedang SOS,” tegasnya. Kalau produksi minyak dan gas rendah berarti penerimaan negara (baik pajak dan non pajak) sektor energi akan semakin kecil.

Sementara, kebutuhan energi semakin sangat besar dan produksi turun, maka hal ini, lanjut Mulyadi, membuka kran impor sangat besar. “Impor akan menghamburkan devisa. Alasan yang selalu dikemukakan oleh para Kontraktor KKS selalu soal keekonomian,” tandasnya.

Karena itu, ungkap Mulyadi, kita sedang diperhadapkan dengan keekonomian negara dengan keekonomian para kontraktor perusahaan migas. “Saya tentu memilih keekonomian negara,:” tandas Mulyadi.

Padahal, imbuh Mulyadi, alasaan yang sebenarnya adalah karena harga minyak yang tidak menarik makanya para kontraktor perusahaan migas tidak mau menaikkan produksinya.

Oleh sebab itu, lanjut Mulyadi, pemerintah harus melihat kepentingan negara dan bangsa bukan malah membela kepentingan perusahaan kontraktor migas. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login