IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » APLSI : Seharusnya Ada Skema Insentif Alternatif untuk Pengembangan EBT

APLSI : Seharusnya Ada Skema Insentif Alternatif untuk Pengembangan EBT

Written By Indopetro portal on Tuesday, 27 September 2016 | 14:28

indoPetroNews- Sejatinya pemerintah dapat menawarkan skema insentif atau pembiayaan lain untuk menjaga ketahanan energi nasional. Pasalnya, Badan Anggaran (Banggar) DPR menolak usulan subsidi untuk Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Seharusnya ada skema insentif lain misal perpajakan atau dana ketahanan energi seperti sawit untuk mendukung EBT,” ujar Wakil Bendahara Umum Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) Rizka Armadhana kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com Senin (26/9/2016) di Jakarta. Pihaknya juga sangat menyesalkan penolakan subsidi itu.

“APLSI sangat menyesalkan subsidi energi terbarukan ditolak Banggar,” ujar dia. Dikatakannya, pengembangan EBT sangat penting dan strategis bagi kedaulatan energi nasional.Sebab itu, dia APLSI berharap DPR dan pemerintah menawarkan skema insentif atau pembiayaan lain untuk menjaga ketahanan energi nasional. “Ada skema insentif lain misal perpajakan atau dana ketahanan energi seperti sawit untuk mendukung EBT,” ujar Rizka.

Pihaknya juga mengusulkan alternatif subsidi. “Misalnya seyogyanya pengembangan EBT di satukan ke dalam anggaran subsidi PLN, seperti energi primer lainnya (gas/diesel) dan tidak dipisah-pisahkan,” tandas dia.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajukan subsidi kepada Badan Anggaran (Banggar) DPR RI untuk EBT dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2017.

Subsidi ini untuk memuluskan subsidi energi yang sumbernya tidak pernah habis, seperti matahari, aliran panas bumi, geothermal, dan sebagainya. Kementerian mengajukan subsidi sebesar Rp 1,1 triliun dengan catatan kurs rupiah berada di level Rp13.500 per dolar. Namun, Banggar memutuskan menolak subsidi itu. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login