IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Beberapa Perusahaan Minyak Eropa Mengirimkan BBM Kualitas Buruk ke Afrika

Beberapa Perusahaan Minyak Eropa Mengirimkan BBM Kualitas Buruk ke Afrika

Written By Indopetro portal on Monday, 19 September 2016 | 16:23

indoPetroNews- Produsen minyak dan gas bumi (migas) utama Eropa telah menjual diesel dan bensin kualitas rendah ke beberapa negara Afrika. Hal ini diketahui berdasarkan hasil 3 tahun investigasi terhadap grup beberapa perusahaan yang berbasis di Swiss.

Public Eyes memublikasikan temuan ini pada Kamis (15/9). Disebutkan ada beberapa perusahaan yang terlibat praktik haram untuk mengambil keuntungan dari ekspor bahan bakar ke Afrika, salah satunya adalah trader asal Swiss Vitol dan Trafigura.

“Perusahaan trading tersebut tidak hanya mengirimkan diesel kotor dan bensin kotor – bahkan di beberapa wilayah mereka menjual langsung dari pompa mereka – tapi juga memproduksi dua jenis bahan bakar sendiri,” kata pihak Public Eyes. “Di darat maupun laut, mereka mencampurkan campuran petrokimia dari produk penyulingan dan komponen lainnya untuk menghasilkan bahan bakar‘African Quality’”.

Pihak Vitol menyanggah tuduhan tersebut dalam pernyataannya kepada AFP (agensi pers Perancis). Mereka berdalih pemerintahan dari masing-masing negara di Afirika tersebut bertanggung jawab dalam memonitoring standar bahan bakar dalam negeri.

Public Eyes mengaku telah mengambil beberapa sampel bahan bakar di kapal yang akan dikirimkan ke beberapa negara seperti Angola, Benin, Congo-Brazzaville, Gana, Pantai Gading, Mali, Senegal dan Zambia. Dari uji sampel diketahui oknum tersebut menaikkan level sulfur pada bensin untuk beberapa negara Afrika. Konten sulfur untuk bahan bakar refined yang dikirim ke Eropa dibagi menjadi 10 bagian per juta, sedangkan regulator Afrika malah mematok pada standar yang jauh lebih rendah.

Rendahnya kualitas bahan bakar diketahui akan berdampak negatif pada kesehatan dan lingkungan.

The U.S Environmental Protection Agency menyatakan bahwa sulfur pada bensin akan merusak efektivitas sistem control emisi dan malah berkontribusi pada polusi udara. Unsur sulfur sendiri merupakan bagian alami dari minyak mentah, hingga nantinya dihilangkan dengan tahap refining (penyulingan). (Gadih/oilprice)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login