IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » DEN : Pertamina Jangan Jadi Satu Kepala dengan Dwifungsi Bertabrakan

DEN : Pertamina Jangan Jadi Satu Kepala dengan Dwifungsi Bertabrakan

Written By Indopetro portal on Monday, 26 September 2016 | 09:34

indoPetroNews-Tugas Public Service Obligation (PSO) yang diemban oleh Pertamina harus diperjelas ketika posisi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini nantinya bermetamorfosis menjadi holding BUMN energi. Apa risikonya bila tidak ada kejelasan?

“Bila tidak maka Pertamina akan menjadi satu kepala tetapi melakukan dua tugas yang bertolak belakang,” kata anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Rinaldy Dalimi kepada indoPetroNews.com Minggu (25/9/2016) di Jakarta. Sepertinya holding BUMN energi akan menyelesaikan masalah bila ditilik dari business entity tetapi bagaimana dengan tugas PSO-nya.

Dia menegaskan holding BUMN energi tidak gampang. Banyak kalangan tidak sepakat adanya rencana holding BUMN energi. “Saya melihat holding atau tidak holding tapi begitu menjadi holding maka apa aturan ikutannya. Tidak holding pun bisa, Namun begitu dijadikan holding maka aturan ikutannya pun berubah dan harus diperkuat. Jangan sampai menyelesaikan satu masalah lalu timbul masalah baru,” ujarnya.

Rinaldy mengingatkan bahwa saat Pertamina dibentuk tugas utamanya adalah sebagai PSO. “Ia (Pertamina) harus mendistribusikan minyak at all cost. Dan itu masih ada sampai sekarang. Misalnya untuk Papua, Indonesia bagian Timur atau daerah-daerah remote harus disuplai minyak at all cost,” katanya.

Bayangkan, imbuhnya, biaya transportasi 1 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Papua sebesar Rp 25.000. “Terus dijual berapa di sana? Kalau dijual dengan harga standar nasional maka Pertamina akan rugi besar,” cetus Rinaldy.

Oleh sebab itu, Rinaldy berharap ke depan Pertamina harus memperjelas posisi PSO dan business entity-nya agar dapat efisien dan efektif. “Peran PSO tetap harus ada tetapi harus terpisah secara akuntan. Mana saja yang untuk PSO dan mana saja yang untuk bisnis,” tegasnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login