IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Dicalonkan Jadi Menteri ESDM, Ardian Nengkoda Utamakan Marwah Energi

Dicalonkan Jadi Menteri ESDM, Ardian Nengkoda Utamakan Marwah Energi

Written By Indopetro portal on Friday, 30 September 2016 | 10:37

indoPetroNews- Setelah dua bulan kosong, posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang sementara ditempati oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Luhut Binsar Pandjaitan pekan ini dikabarkan akan segera diisi. Nama Ardian Nengkoda disebut menjadi salah satu kandidat kuat dari profesional untuk posisi tersebut.

“Saya tidak ambisi namun hati saya Merah Putih. Ksatria untuk pulang kampung jika diinginkan dan dianggap mampu,” kata Ardian kepada Migasnesia, Kamis (29/9), melalui pesan singkat saat ditanya kebenaran kabar yang beredar.

Arsitek pengembangan gas di Saudi Aramco itu berpendapat sejatinya ESDM memikirkan tentang Marwah Energi dimana energi dimanfaatkan untuk harkat hidup orang banyak dan negeri. Sehingga seharusnya ESDM memiliki program kerja ketahanan energi yang memiliki marwah. Selain itu, agar marwah tercapai diperlukan pemimpin yang tegas dan punya niat baik.

Ardian mengatakan jika dirinya benar terpilih, maka dia akan membenahi semua masalah di ESDM agar mampu memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) yang hebat dan banyak program kerja untuk mewujudkan marwah energi.

Mantan aktivis Universitas Indonesia ini juga berencana untuk memperbaiki transparansi dan akuntabilitas korporasi di industri energi. Menurutnya, ESDM juga harus dapat bermitra dengan media, rakyat, universitas, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sebagai partner kebijakan.

Ardian Nengkoda, Ph. D adalah seorang profesional di bidang minyak dan gas bumi (migas). Ardian terkenal dalam bidang oilfield technology dengan latar belakang pendidikan Doktor bidang Chemical Engineering (Offshore methane gas hydrate production research), dan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang industri oil and gas E&P projects, onshore & offshore, deepwater, marginal field, Enhance Oil Reservoir (EOR) technology, dan unconventional gas development.

Memiliki pengetahuan mendalam dalam bisnis gas upstream, midstream and downstream, serta Research and Develompment (R&D), Ardian telah berpengalaman mengerjakan mega proyek sepanjang Oman, Saudi Arabia, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Aljazair, Sudan, Norwegia, Inggris, Brazil, Indonesia, Pakistan, Thailand, Malaysia dan Australia.

Presiden ahli minyak seluruh Timur Tengah ini menjadi satu-satunya orang Asia yang memenangkan penghargaaan Society of Petroleum Engineers (SPE) 2015 dalam proyek-proyek regional, pembangunan fasilitas dan konstruksi minyak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan penghargaan Gas Processors Association (GPA) Annual Technical Conference (San Antonio, Texas). Dia juga pemilik 6 hak paten dalam bidang migas. (Gadih/Migasnesia)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login