IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Gubernur OPEC Irak: Sidang OPEC Bakal Hasilkan Keputusan yang Lebih Baik

Gubernur OPEC Irak: Sidang OPEC Bakal Hasilkan Keputusan yang Lebih Baik

Written By Indopetro portal on Friday, 23 September 2016 | 16:41

indoPetroNews- Pertemuan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan produsen minyak utama lainnya yang akan berlangsung pada 26 - 28 September 2016 di Aljazair diyakini bakal menghasilkan satu keputusan yang lebih baik dan disepakati oleh peserta pertemuan. Optimisme itu datang dari Gubernur OPEC Irak Falah Alamri.

"Kali ini saya rasa akan sedikit berbeda karena keadaan yang lebih baik, yakni membantu (produsen) untuk mencapai kesepakatan," kata gubernur OPEC Irak Falah Alamri, seperti dilansir Reuters, Kamis (22/9/2016).

Menurutnya, OPEC harus mengambil langkah saat bertemu dengan Rusia di sela-sela konferensi produsen dan konsumen energi di Aljazair pekan depan. Karena harga minyak yang saat ini sekitar US$45 - US$50 per barel sangat sulit bagi anggota kelompok.

Seperti diketahui, Irak, Arab Saudi, Iran, dan Rusia telah meningkatkan produksi minyak ke tingkat tertinggi dalam sejarah selama tahun lalu, untuk bersaing dalam pangsa pasar dengan produsen seperti Amerika Serikat di mana produksinya telah menurun karena rendahnya harga minyak.

Irak dinilai sebagai salah satu hambatan utama bagi kesepakatan produksi minyak global mengingat Irak ingin meningkatkan produksinya pada tahun depan. Sedangkan Rusia dan Iran mungkin mungkin saja mengurangi kapasitas produksinya, sementara Arab Saudi tak pernah memproduksi minyak dalam jumlah yang lebih tinggi.

Kendati demikian, Alamri mengatakan Irak tak akan menghalangi kesepakatan. "Kami tak berniat untuk membanjiri pasar, kami ingin mendukung pasar, kami tak akan berpartisipasi dalam setiap keputusan yang akan mengurangi harga minyak," katanya.

Sebagai catatan, OPEC ada organisasi yang bertujuan menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak.

OPEC didirikan pada 14 September 1960 di Bagdad, Irak. Saat itu anggotanya hanya lima negara. Sejak tahun 1965 markasnya bertempat di Wina, Austria. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login