IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » IAGI Dorong Survei Migas di Laut Dalam

IAGI Dorong Survei Migas di Laut Dalam

Written By Indopetro portal on Friday, 16 September 2016 | 10:15

indoPetronews.com - Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) mendorong agar pemerintah intensif melakukan survei potensi minyak dan gas bumi (migas) di laut dalam.

“Saat ini data-data dan survei terkait resource migas lebih pada data yang tidak terlalu dalam. Data resources untuk migas yang ada di laut dalam masih minim,” kata Ketua Umum IAGI, Sukmandaru Prihatmoko kepada indoPetroNews.com Jumat (16/9/2016) di Jakarta.

Ia juga mengakui bahwa survei di laut dalam membutuhkan insentif yang lebih menarik bagi investor. “Apalagi memang sangat mahal karena berada di lautan dalam,” kata Sukmandaru, sembari mengusulkan agar survei tersebut dapat dilakukan oleh Badan Geologi.

Dia juga menyatakan bahwa sebaiknya Badan Geologi tidak lagi menginduk ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) agar lebih independen. “Tidak lagi menginduk dan berada di bawah Kementerian ESDM. Badan Geologi seharusnya langsung berada dibawah tanggungjawab Presiden,” paparnya.

Apa alasannya? “Tugas Badan Geologi cukup banyak. Selain mengiventarisir semua resources yang ada, termasuk minyak dan gas di Indonesia, juga memetakan potensi-potensi bencana,” ujarnya. Karena itu tidak perlu lagi menginduk di bawah kementerian tetapi langsung di bawah Presiden.

Namun, harapan tersebut rupanya akan semakin jauh dari kenyataan. Pasalnya, ada pemotongan anggaran oleh pemerintah untuk beberapa program kementerian, termasuk di Badan Geologi.

Kemudian Sukmandaru memberikan solusi ditengah pemotongan anggaran. “Mungkin saat ini lebih tepat mengoptimalkan dan mengefisienkan Badan Geologi,” lanjutnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login