IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Pemerintah Jangan Asal Beri Insentif pada Investor Migas

Pemerintah Jangan Asal Beri Insentif pada Investor Migas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 7 September 2016 | 08:24

indoPetroNews- Pembangunan kilang minyak menjadi keniscayaan karena sejak lebih dari 10 tahun lalu tidak pernah ada pembangunannya.

“Energi sejatinya menjadi prioritas pada saat porsi dana infrastruktur lebih besar pada 2 tahun terakhir. Dan kilang adalah infrastruktur yang sangat strategis,” kata Mohammad Faisal, Direktur Riset Core Indonesia kepada indoPetroNews.com Selasa (6/9/2016) di Jakarta.

Melalui pembangunan kilang, kata Faisal, defisit minyak dapat ditekan. “Apalagi kita sebenarnya memproduksi migas tetapi lebih banyak diekspor. Karena itu nilai tambahnya tidak banyak diterima,” katanya. Maka tidak heran pula bila nilai ekspor pun lebih besar defisitnya.

Dia juga menuturkan, kegiatan eksplorasi pun juga harus diperbanyak selain pembangunan kilang. Diakuinya, bahwa salah satu kendala eksplorasi terletak pada dana. Apalagi dalam kondisi krisis seperti sekarang. Ditambah harga minyak yang fluktuatif di pasar dunia.

Oleh sebab itu, lanjut Faisal, untuk terus mendorong tumbuh dan berkembangnya industri hulu minyak dan gas bumi (migas) perlu kreatifitas dari pemerintah, Kementerian Keuangan, dalam hal memberikan insentif.

“Insentif perlu diberikan secara hati-hati. Jangan asal diberikan kepada investor asing asal dapat membangun infrastruktur. Seharusnya insentif diberikan kepada pihak investor yang dapat membangun infrastruktur dan melakukan eksplorasi tapi yang ada turunannya. Ada klausul-klausulnya yang jelas. Juga mempertimbangkan aspek lainnya, utamanya benefitnya kepada domestik dan masyarakat lokal untuk kegiatan eksplorasi,” katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login