IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Investasi Asing Migas Diperlukan Indonesia

Investasi Asing Migas Diperlukan Indonesia

Written By Indopetro portal on Thursday, 22 September 2016 | 10:33

indoPetroNews- Walaupun Indonesia Merdeka sejak 71 tahun silam, namun investasi asing untuk bidang minyak dan gas bumi (migas) masih dibutuhkan. Mengapa?

“Untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lewat kerjasa yang win-win solution dan saling menguntungkan,” kata mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, beberapa waktu di Jakarta.

Dia juga memaparkan bagaimana negara-negara lain, di luar Indonesia, memperlakukan investasi asing. “Ada negara, yang setelah investasi masuk, dia nasionalkan aset tersebut. Tapi apakah kita mengambil rezim seperti itu? Ini harus jelas jalannya!” tegas pria kelahiran Padang, Sumatera Barat ini.

Menurutnya, bila Indonesia akan membuka investasi maka pemerintah harus bisa menjamin bahwa proses bisnis berlangsung secara sehat. “You are going to health healthy business. Tapi bisnis yang sehat juga ada batasannya. Apakah rate of return 30% sudah healthy business atau 10% sudah dapat dikatakan healthy business. Kalau kita memberikan investasi bahwa nanti rate of return 50% itu artinya enggak adil. Tetapi kita undang investasi masuk, sementara rate of return-nya hanya 4% itu juga enggak adil,” paparnya.

Oleh sebab itu, harap Arcandra, pemerintah harus menjamin investasi baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri berjalan sesuai dengan koridor hukum dan perundang-undangan, yang kemudian disepakati oleh kedua belah pihak. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login