IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Kebakaran, Shell Nigeria Tutup Pipeline Bonny Light

Kebakaran, Shell Nigeria Tutup Pipeline Bonny Light

Written By Indopetro portal on Wednesday, 28 September 2016 | 11:09

indoPetroNews- Divisi Nigeria Shell telah menutup satu dari dua pipeline yang menyalurkan Bonny Light crude ke terminal Forcados di Delta, Nigeria. Disebutkan bahwa terjadi kebakaran di jalur pipa. Penutupan tersebut akan mengurangi ekspor Shell Nigeria sebesar 180.000 barrel per day (bpd).

Pada waktu yang bersamaan, Shell masih tetap menolak konfirmasi ataupun menyangkal pengumuman dari Niger Delta Avengers (NDA), kelompok militan Delta Nigeria, dari Sabtu lalu. Dimana mereka akan meledakkan pipeline Bonny Light.

Disebutkan bahwa api ditemukan di Trans Niger Pipeline (TNP). Masih belum diketahui apakah api ini merupakan konsekuensi dari serangan NDA ataukah memang kecelakaan dari jalur pipa lainnya.

Sebelumnya Africa News juga menyebutkan bahwa Shell juga menutup TNP bulan lalu, setelah dideteksi adanya leak di section yang melewati Ogoniland, lokasi yang sama dengan tempat ditemukannya api.

NDA mengatakan bahwa pihaknya menyerang pipeline tersebut sebagai tanggapan dari upaya pemerintah atas “menyudahi dramatisasi” dari proses dialog dan negosiasi dengan Presiden Muhammadu Buhari dan pemerintahanya. Kelompok tersebut menambahkan pada pernyataannya bahwa pemerintah nantinya harus berusaha keras untuk meyakinkan NDA.

Dengan serangan tersebut, kelompok militan ini telah memecah 60 hari gencatan senjata yang rencananya dilakukan selama proses negosiasi dengan pemerintah federal dan mengakhiri kekerasan di Delta.

Sementara itu, Pemerintahan Nigeria kini tengah menuntut Shell, bersamaan dengan Eni, Chevron, Total dan Petrobras, atas dugaan mencuri minyak senilai US$12,7 miliar dengan melaporkan jumlah yang lebih kecil untuk kapal tanker dari pantai Nigeria dibanding denga jumlah yang sampai di Amerika Serikat, atau dengan tidak melaporkan kargo minyak mentah sama sekali. (Gadih)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login