IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Ketua API: "Saya Heran, Harga Gas Dalam Negeri Mahal, Sedangkan Harga Ekspor Gas Murah"

Ketua API: "Saya Heran, Harga Gas Dalam Negeri Mahal, Sedangkan Harga Ekspor Gas Murah"

Written By Indopetro portal on Monday, 19 September 2016 | 09:10

indoPetroNews- Harga gas di dalam negeri sudah tidak masuk akal. Pasalnya, harga gas yang dijual ke negara lain dibawah US$4 per million british thermal unit (MMBTU). Padahal Peraturan Presiden (Perpres) tentang harga gas sudah ada sejak masa Presiden SBY hingga Presiden Jokowi tetapi tidak berpengaruh.

“Kita harus transparan dan berterus terang dan jujur pada diri sendiri. Gas yang dijual ke dalam negeri lebih dari US$9. Ini tidak rasional,” kata Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat, Minggu (18/9/2016) di Jakarta.

Menurut Ade, proses industrialisasi di Indonesia tidak terlepas dari kebijakan energi yang diterapkan oleh pemerintah. “Kebijakan energi ini sangat diperlukan sebagai agen seluruh pembangunan. Karena hampir seluruh manufaktur, biaya utamanya setelah biaya bahan baku adalah energi,” ujarnya.

Dia juga mengutarakan bahwa gas adalah energi primer sebuah manufaktur. “Tentu ada juga industri yang paling banyak memerlukan energi sebagai energi sekunder, yaitu listrik. Sedangkan PLN sendiri menggunakan gas ini sebagai pembangkit listrik hampir dari seluruh penggunaan sumber dayanya itu mendekati 30%,” paparnya. Kalau dengan harga gas yang mahal itu, lanjut Ade, tentu mereka akan menjual gasnya dengan harga yang lebih mahal lagi pada industri manufaktur.

Oleh sebab itu, Ade berharap, di tengah daya saing yang sangat ketat seperti sekarang ini, kebijakan energi sangat diperlukan oleh sdeluruh pelaku industri baik hilirisasi maupun proses industri. Hal ini diperlukan agar Indonesia dapat berdaya saing dengan negara-negara lain, utamanya di sektor pertekstilan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login