IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Konsorsium Riset Migas Kelautan Dibentuk Guna Tingkatkan Cadangan

Konsorsium Riset Migas Kelautan Dibentuk Guna Tingkatkan Cadangan

Written By Indopetro portal on Wednesday, 7 September 2016 | 19:20

indoPetroNews- Riset minyak dan gas bumi (migas) maritim mendesak untuk segera dilakukan. Hal ini mengingat program pemerintahan saat ini lebih memfokuskan pada sektor kemaritiman.

"Riset migas kemaritiman ini akan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan cadangan migas kita sehingga reserve replacement ratio (RRR) dapat melebihi angka 50% dan gas bisa lebih dari 90%. Saat ini Indonesia hanya memiliki tingkat RRR 50 persen," kata mantan Ketua Komite Eksplorasi Nasional (KEN), Andang Bachtiar kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com Rabu (7/9/2016) di Depok Jawa Barat.

Bila cadangan migas meningkat maka volume impor pun dapat diminimalisir. Untuk itu, lanjut Andang Bachtiar, program dari dibentuknya Konsorsium Riset Migas Kelautan ini adalah melakukan program kegiatan bersama untuk riset dan eksplorasi migas di laut dengan menggandeng lembaga-lembaga yang telah ada maupun dengan kalangan industri, yaitu para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) serta Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Saat ditanyakan soal pendanaan yang akan digunakan untuk mensupport riset, Andang mengutarakan, dapat dikerjasamakan dengan instansi terkait. "Bisa dari APBN, bisa dari perusahaan kontraktor, bisa dari SKK Migas, bisa dari pihak swasta maupun dari proyek-proyek surveyor yang telah dilakukan," kata Andang, sembari menyebut Luhut Binsar Pandjaitan sebagai salah seorang pembina Konsorsium Riset Migas Kelautan.

"Pak Luhut kita minta untuk menjadi pembina karena beliau juga Menko Kemaritiman. Jadi, sangat logis. Apalagi beliau juga memiliki karakter kepemimpinan yang kuat," lanjut Andang, sembari mengimbuhkan dalam waktu 2 - 3 bulan ke depan formula kerja Konsorsium Riset Migas Kelautan dapat diselesaikan sehingga pada awal 2017 sudah bisa bergerak. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login