IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Libya Mulai Ekspor Minyak Mentah

Libya Mulai Ekspor Minyak Mentah

Written By Indopetro portal on Thursday, 22 September 2016 | 11:42

indoPetroNews- Negara Libya kini mulai menggeliat. Apa indikatornya? Pasalnya, negeri yang pernah dipimpin oleh Muammar Khadafi ini mengekspor minyak mentahnya lagi. Padahal sejak 2014 ekspor minyak telah vakum. “Ekspor perdana itu berlangsung Selasa malam (20/9/2016),” kata juru bicara National Oil Corporation (NOC/perusahaan minyak nasional) Pemerintah Libya.

Dia mengungkapkan sebuah kapal tanker mengangkut 670 ribu barel minyak mentah meninggalkan terminal Ras Lanuf. Pengiriman perdana dari pelabuhan dibuka kembali setahun setelah diblokade pengunjuk rasa bersenjata.

Ekspor minyak ini merupakan perkembangan positif bagi Pemerintahan Pusat Libya. Libya terbelah dua antara di Tripoli dan Tobruk, di sebelah timur Libya. Dua rezim ini pernah terlibat pertempuran sengit menggunakan roket dan artileri di Tripoli selama sebulan.

Dalam catatan, sejak April 2016, kubu Tobruk meminta otonomi lebih besar atas wilayah timur Libya untuk mereka kuasai. Karena daerah tersebut memiliki empat dari lima pelabuhan minyak. Penguasaan oleh pemberontak di Tobruk ini mengakibatkan kapasitas ekspor minyak Libya, yang seharusnya 1,25 juta barel per hari (bph), turun separoh.

Produksi minyak Libya juga melorot. Menurut data NOC menyebutkan bahwa produksi minyak Libya saat ini 450 ribu bph. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login