IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » Luhut: PP 79 2010 jadi Momok bagi Investor Migas

Luhut: PP 79 2010 jadi Momok bagi Investor Migas

Written By Indopetro portal on Thursday, 8 September 2016 | 09:18

indoPetroNews- Peraturan Pemerintah Nomor (PP) 79 Tahun 2010 menjadi momok bagi investor asing. Hal tersebut ditegaskan oleh Pelaksana tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan.

“Saat ini nyaris tidak ada eksplorasi minyak dan gas bumi (migas). Kenapa tidak ada eksplorasi migas? Karena tidak ada insentif,” tegas Luhut pada Rabu (7/9/2016) di Depok Jawa Barat. Dalam melakukan eksplorasi, lanjutnya, secara alamiah ada lapangan yang mudah. Ada pula lapangan yang sulit.

“Kalau eksplorasi di lapangan yang mudah barangkali pembagian share dengan skema 85 -15 masih wajar. Tapi begitu memasuki lapangan eksplorasi yang sulit maka pembagian share dengan skema 85 – 15 menjadi tidak menarik. Kemudian saya usulkan kenapa tidak diubah menjadi skema 60 – 40 sehingga bisa menarik investor,” paparnya.

Dia mengatakan usulannya tersebut telah disampaikan kepada Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani untuk dipertimbangkan. “Saat ini revisi PP 79 sedang dipelajari lebih mendalam,” ujar Luhut.

Oleh sebab itu, imbuhnya, untuk meningkatkan eksplorasi migas, utamanya di laut dalam, semua elemen kekuatan, baik dari akademisi dan pemerintah harus menjadi teamwork.

“Dari berbagai elemen, baik akademisi dan pemerintah harus pula menjadi teamwork dan rame-rame mengerjakan dan mengupayakan peningkatan eksplorasi migas,” tegas Luhut, sembari mengimbuhkan bahwa cadangan migas Indonesia sangat minim, sekitar 3,6 miliar barel ini sangat minim sekali, padahal potensinya sangat besar, 200 miliar barel.

Oleh karena itu, lanjut Luhut, untuk menggenjot eksplorasi harus tersedia data melalui riset selain merevisi PP 79. “Agar investor datang dan tertarik. Kalau tidak memiliki data, apa yang akan kita tawarkan,” katanya.

Sebagai catatan, PP Nomor 79 Tahun 2010 berisi tentang pengaturan Biaya Operasi yang Dapat Dikembalikan dan Perlakuan Pajak Penghasilan di Bidang Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login